5 Laptop Gaming Terbaik Awal 2013

by
February 6th, 2013 at 9:38 am

1222057_100815220059_5738CiriCara.com – Penggila game komputer tentunya tidak asing lagi dengan istilah gaming laptop. Yap! Benar, gaming laptop adalalah perangkat laptop dengan spesifikasi tinggi yang ditujukan untuk melakukan perkerjaan berat seperti edit grafis 3D, edit video, dan memainkan game berat seperti biasa dilakukan menggunakan komputer desktop. Kini dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, jarak perbedaan kekuatan antara laptop dan komputer desktop semakin dekat.

Kini gaming laptop sudah dibekali dengan layar dengan resolusi tinggi, prosesor quad-core, kartu grafis canggih, dan pengeras suara surround. Biasanya laptop khusus ini berukuran antara 15-17”, dengan bobot lebih dari 3 kg, dan kurang portabel jika dibandingkan dengan laptop jenis lain. Dari tampilan luar, biasanya laptop jenis ini memiliki gaya dan bentuk tersendiri yang mengindikasikan “daleman” laptop ini siap untuk kerja berat.

Menurut CNET Asia, ada beberapa laptop terkini yang masuk dalam kategori gaming laptop. Berikut ini adalah daftar gaming laptop versi CNET Asia beserta ulasan singkatnya:

1. Alienware M14x

alien

Gaming laptop Alienware keluaran tahun 2012 ini menampilkan performa hardware yang patut diacungi jempol, pengeras suara yang mantap lengkap dengan subwoofer, daya baterai yang tahan lama saat memutar video, dan banyak pilihan untuk ubahsuai.

Sayangnya kipas pendingin laptop ini kadang terlalu bising, desain model agak ketinggalan jaman, berat, dan mahal. Memang dari segi ukuran agak kecil hanya berlayar 14” dan tidak sehebat gaming laptop yang berukuran besar, tapi kartu grafis Nvidia GeForce GT 650M yang tertanam dalam laptop ini sangat cukup untuk menjalankan game –game berat. Di balik baik buruknya, secara keseluruhan, kecanggihan laptop ini masih dapat menjadi tolak ukur standar untuk sebuah gaming laptop.

2. Asus G75VX

Asus

Laptop yang ditunggangi kartu grafis anyar Nvidia GeForce GTX 670MX ini memang sangat bisa diandalkan. Hadir dengan desain stealth yang terkesan angker, laptop ini memiliki kembaran yakni seri Asus G75VW, perbedaan hanya terletak pada kartu grafis Asus G75VX yang dibangun dengan struktur Kepler terkini.

3. MSI GT70 0NE

MSI

Gaming laptop kelas atas ini hadir dengan keyboard dengan shortcut gaming berbahan metal, layar full-HD, dan baterai yang tahan lama. Laptop ini berjalan dengan kartu grafis GeForce GTX 680M dengan pengaturan SSD RAID ganda.

Sayangnya laptop ini berukuran agak besar dan juga terbilang mahal di kelasnya . Namun walaupun besar, laptop ini terbilang cukup ringan, dengan bobot sekitar 3,9 kg.

4. Samsung Series 7 Gamer

Samsung-Series-7-Gamer-Best-Gaming-Laptop-Available-Photo-by-techshout

Diluncurkan tahun lalu, laptop besutan pemain baru  di dunia laptop ini belum bisa menunjukan performa yang maksimal dibandingkan laptop sekelas. Tengok saja kartu grafis yang terbenam dalam laptop ini yakni Nvidia GeForce GTX 675M yang masih kalah tenaga dengan kartu grafis lain yang terpasang pada laptop gaming kelas atas.

Walaupun dari segi performa mesin, laptop ini agak tertinggal, namun dari segi kualitas layar full-HD-nya, laptop ini unggul satu satu tingkat di atas yang lainnya dan nampaknya dalam masa kedepan Samsung masih akan terus mencoba mengejar ketinggalan mereka.

5. Toshiba Qosmio X870

440x330-toshiba-qosmio-x870-11q-main

Hadir membawa layar resolusi full-HD dengan kemampuan menampilkan gambar tiga dimensi (3D), laptop ini terbilang cukup ringan melihat ukuran laptop yang cukup besar yakni 17.3”. Hardware kelas atas pun telah disematkan pada laptop unggulan Toshiba ini. Prosesor Ivy Bridge quad- core, kartu grafis Nvidia GeForce GTX 670M, dan pengeras suara Harmon Kardon yang terpasang pada laptop ini menunjukkan kedigdayaan Toshiba Qosmio X870.

Namun, laptop ini hadir tidak tanpa kekurangan, sebagai contoh, dengan spesifikasi laptop kelas atas sayang sekali laptop ini tidak dilengkapi dengan pilihan untuk mengupgrade  dan walaupun laptop ini memiliki kemampuan menampilkan gambar tiga dimensi, namun disinyalir performa laptop ini akan mengalami penurunan bila fitur tampilan tiga dimensi ini dinyalakan.

Persaingan di pasar gaming laptop memang sedang panas-panasnya, bukan tidak mungkin daftar ini akan segera berganti dengan laptop-laptop gaming yang lebih baru, dengan spesifikasi yang lebih dahsyat, lagi pula ini baru awal tahun bukan? (LH)

Comment di sini