BlackBerry Buka Pabrik di Malaysia Karena Indonesia Sering Demo Buruh?

by
February 6th, 2013 at 4:29 pm

Jakarta (CiriCara.com) –  Demo buruh yang dilaksanakan pada hari ini, Rabu, 6 Februari 2013 adalah satu dari sekian banyak demo yang dilakukan oleh buruh di Ibukota Jakarta.

Menanggapi demo buruh yang telah dilakukan hari ini, para pengusaha meminta agar demo buruh yang berlangsung hari ini dapat berlangsung dengan lancar tanpa ada kerusuhan.

VIVAnews

VIVAnews

Menurut para pengusaha, demo yang berlangsung tidak tertib bisa berdampak negatif pada iklim investasi di Indonesia. Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) DKI Jakarta, Sarman Simanjorang mengatakan bahwa dulu perusahaan BlackBerry (dahulu Research In Motion) memang merencanakan untuk membuka pabrik di Indonesia, namun rencana tersebut batal karena iklim investasi yang tidak kondusif di Indonesia

Salah satu penyebab tidak kondusifnya iklim di Indonesia adalah banyaknya demo buruh yang terjadi. Akibatnya, produsen Blackberry memilih membuka pabriknya di Kuala Lumpur, Malaysia.

“RIM Blackberry tadinya mau ke Indonesia tapi dipindahkan ke Kuala Lumpur karena di sini ngga kondusif. Kita kan sudah ada dewan pengupahan, itu kan sudah mewakili, seharusnya ngga perlu demo,” kata Sarman di Gedung BEI, Jakarta, Rabu, 6 Februari 2013 kepada Detik.com.

Terkait dengan demo buruh, Sarman sendiri mengaku pernah dua kali disandera buruh karena masalah kebijakan Upah Minimum Provinsi (UMP).

“Saya pernah 2 kali disandera buruh. Tahun lalu dalam hal UMP, mereka memaksakan angka, kita disandera tidak boleh keluar. Harusnya pengusaha dan buruh itu saling bersinergi. Pengusaha tanpa butuh tidak berjalan, buruh tanpa pengusaha tidak jalan. Tidak ada pengusaha yang tidak menginginkan buruhnya sejahtera. Tapi kalau kenaikan upahnya sampai 44 persen itu kebablasan,” tuturnya.

Saat ini, buruh yang berdemo di sekitar bundaran HI dan Istana Negara sudah membubarkan diri. Sebelumnya, para buruh yang berasal dari seputar Jakarta tersebut menuntut besarnya Upah Minimum Provinsi (UMP) 2013 yang belum dipenuhi. (RN)

Comment di sini