CiriCara: 4 Cara Mempercepat Browsing Menggunakan Firefox

by
February 6th, 2013 at 1:34 pm

Firefox-10-May-Cause-Problems-with-Some-UA-Detection-Code-2CiriCara.com – Diantara aplikasi penjelajah dunia maya, Mozilla Firefox adalah salah satu yang paling terkenal. Selain mudah digunakan, aplikasi ini juga terbukti sangat cepat, handal, dan mampu diubahsuai sesuai keinginan kita. Dibandingkan dengan browser bawaan Windows yakni Internet Explorer atau Opera, Mozilla terbilang gencar dalam mengembangkan aplikasi browser-nya.

Versi Mozilla Firefox ini selalu diperbaharui, dengan menghilangkan titik-titik lemah pada versi sebelumnya dan menciptakan fitur-fitur baru. Namun, hal ini tidak menjadikan aplikasi browser ini sempurna, pada saat tertentu kadang Firefox bisa melambat, berhenti, bahkan tertutup dengan sendirinya. Bila Anda pengguna Firefox dan mengalami hal ini, maka Anda dapat menyimak panduan mempercepat browsing menggunakan Firefox berikut ini:

1. Speedyfox

Saat Anda menggunakan Firefox untuk berselancar di dunia maya, buka-tutup halaman web yang berbeda-beda, download ini-itu, dan sebagainya, maka database yang tersimpan menumpuk dan berantakan sehingga dapat mengganggu kecepatan browsing internet. Untuk mengatasi permasalahan ini Anda bisa menggunakan aplikasi Speedyfox. Speedyfox adalah aplikasi yang bekerja mengumpulkan dan merapikan kembali database Firefox yang tentunya akan mengembalikan Firefox kembali ke performa yang prima.

2. Memeriksa Extension

Firefox adalah browser yang sangat mudah untuk diubahsuai, salah satunya adalah dengan menambah extension atau dukungan aplikasi yang dapat membuat kegiatan browsing lebih menyenangkan. Sayangnya, belum ada kontrol di dalam Firefox yang dapat mengindikasikan apakah satu extension akan mempengaruhi extension lain, sehingga seringkali extension-extension tersebut bertubrukan tanpa kita sadari. Untuk mengatasi masalah ini Anda bisa masuk ke dalam Firefox dengan Safe Mode.

Caranya yakni dengan klik tombol Firefox, lalu menuju ke menu Help dan pilih Restart tanpa menyalakan Add-ons. Jika dengan cara ini kegiatan browsing menjadi lebih cepat, maka bisa dipastikan ada masalah dengan extension yang terinstal.  Untuk memeriksa extension apakah yang menjadi permasalahan, Anda bisa menyalakannya satu per satu dan dicoba untuk browsing dan bila sehabis Anda menyalakan satu extension browsing terasa lambat maka kemungkinan extension itulah yang bermasalah.

3. Memeriksa Software Di luar Firefox

Melambatnya performa Firefox bisa juga terjadi karena faktor dari luar, yakni dari aplikasi lain yang bertubrukan dengan jalur kerja Firefox. Sebagai contoh yakni aplikasi anti-malware, aplikasi pendukung Firefox seperti Adobe Flash yang belum terbaharui, dsb. Bila aplikasi anti-malware yang menjadi halangan maka Anda dapat langsung menon-aktifkan aplikasi tersebut.

4. Memeriksa Folder Instalasi Firefox

Umumnya browser secara otomatis terinstal pada folder Program Files, namun karena satu dan lain hal browser tersebut bisa terinstal ke dalam folder lain. Hal ini tidak jarang mempengaruhi performa browser Firefox. Bila hal ini terjadi maka cara yang paling mudah adalah menginstal ulang Firefox dan ditempatkan ke folder yang seharusnya.

Bila Anda merasa Firefox Anda berjalan lambat, maka Anda dapat menggunakan panduan mempercepat browsing menggunakan Firefox di atas, selamat mencoba. (LH)

Comment di sini