CiriCara: Cara Aman Berbagi Foto Melalui Internet

by
February 6th, 2013 at 1:03 pm

berbagi fotoCiriCara.com – Adanya internet kian memudahkan penggunanya untuk melakukan berbagai hal. Misalnya mencari informasi yang tidak diketahuinya, memudahkannya untuk melakukan komunikasi jarak jauh, hingga menyebarluaskan hasil jepretannya kepada orang banyak.

Saat ini, banyak situs jejaring sosial yang memudahkan para penggunanya untuk berbagi foto kepada orang banyak. Namun, berbagi foto kepada orang banyak itu harus dilakukan dengan cara yang aman.

Dilansir dari Merdeka.com, Yahoo! memberikan saran untuk Anda mengenai cara aman berbagi foto melalui internet:

1. Privasi

Sebelum mengunggah foto atau membagikan hasil jepretan ke internet, Yahoo! menyarankan agar si pemilik foto lebih memperhatikan sisi sekuritasnya. Maksudnya adalah Anda disarankan untuk tidak sembarangan membagi foto dan mempublikasikannya secara bebas atau bisa dikonsumsi oleh orang banyak. Anda harus mengatur siapa saja yang berhak melihat hasil jepretan agar tidak disebarluaskan lagi oleh orang lain.

2. Informasi dalam foto

geolokasi di Facebook

Geolokasi di Facebook

Masih kaitannya dengan sekuritas dalam foto, Anda juga disarankan untuk mempertimbangkan kembali jika ingin berbagi foto atau mengunggahnya ke situs jejaring sosial. Yahoo! menganjurkan agar tidak membagikan foto yang berisi atau menampilkan info seputar rumah, tempat, ataupun hal lain yang seharusnya tidak boleh diketahui oleh banyak orang.

3. Geolokasi

Geolokasi merupakan proses penentuan lokasi dimana saat ini Anda berada. Saat ini, beberapa jejaring sosial, seperti Facebook dan Foursquare memang menawarkan fitur geolokasi untuk sebuah foto. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Anda disarankan agar tidak membagi geolokasi kepada setiap orang. Persempitlah siapa saja yang bisa melihat tempat yang ditunjukkan dalam foto.

4. Melaporkan postingan atau gambar tidak pantas

Jika tiba-tiba Anda menemukan suatu postingan atau gambar yang tidak seharusnya dikonsumsi oleh orang banyak, maka laporkanlah kepada pihak situs yang berkaitan. Dengan melaporkan hal tersebut, pihak situs yang berkaitan akan bisa menindaklanjuti hal tersebut. Manfaatkanlah laman pengaduan untuk mengadukan hal yang dirasa menyerang Anda atau menemukan postingan atau gambar yang tidak pantas.

Itulah cara aman berbagi foto melalui internet. Dengan melakukan 4 cara di atas, setidaknya Anda ikut berpartisipasi dalam program aman berinternet. (NR)

Comment di sini