CiriCara: Cara Backup Kontak BlackBerry Menggunakan Desktop Software

by
February 6th, 2013 at 10:08 am

blackberry-desktop-softwareCiriCara.com – Mungkin Anda pernah kehilangan ponsel atau ponsel Anda rusak karena satu dan lain hal yang menyebabkan Anda kehilangan data yang Anda simpan pada ponsel Anda. Hal ini memang tidak jarang terjadi dan memang sangat merugikan, terutama bila data atau kontak yang hilang amat sangat penting berkaitan dengan pekerjaan atau bahkan hal yang bersifat pribadi.

Backup data memang belum menjadi budaya pengguna ponsel di tanah air, tapi jika melihat kerugian yang ditimbulkan bila data tersebut hilang, tidak ada salahnya kita mencoba membudayakannya. Bila Anda pengguna ponsel BlackBerry,maka tentunya Anda sudah akrab dengan banyaknya fasilitas yang ditawarkan pabrikan asal Kanada ini. BlackBerry memampukan penggunanya menyimpan berbagai macam data mulai dari kontak, gambar, video, lagu, bahkan data pekerjaan seperti Word, Excel, Pdf dan sebagainya

Backup data mungkin terdengar rumit dan membingungkan, namun sebenarnya cukup mudah dipelajari bila Anda mau mencobanya. Berikut ini adalah panduan mudah melakukan backup kontak  BlackBerry menggunakan BlackBerry Desktop Software:

Langkah 1

Pertama, lewat komputer Anda unduhlah aplikasi BlackBerry Desktop Software dari situs resminya. Aplikasi gratis ini mendukung hampir semua versi Windows terkini dan Apple Mac OS X. Setelah selesai diunduh, instal aplikasi ini di komputer Anda

Langkah 2

Setelah terinstal, jalankan aplikasi BlackBerry Desktop Software ini dan hubungkan ponsel BlackBerry Anda menggunakan kabel data, lalu klik “Get started with this device”.

Langkah 3

Langkah selanjutnya adalah registrasi, ikuti petunjuk-petunjuk yang ada maka Anda akan sampai pada menu pilihan. Di sini Anda dapat mengatur bagaimana Anda mau mem-backup data BlackBerry Anda, bila Anda ingin komputer mem-backup otomatis setiap Anda sambungankan ponsel BlackBerry Anda ke komputer, maka anda bisa mencentang kotak “Back up my device”, lalu pilih Finish.

Langkah 4

Untuk memilih data apa sajakah yang ingin Anda backup, Anda bisa langsung klik ke menu “Device” dan klik “Backup” lalu klik tombol “Radio Custom” dan scroll ke bawah. Untuk membackup semua data kontak saja, Anda cukup  mencentang  kotak yang bertuliskan “Address Book”,  bila Anda ingin memilih hanya beberapa kontak saja maka Anda dapat mencentang “Different Address Book” dan bila Anda ingin membackup data selain data kontak BlackBerry, Anda bisa mencentang kotak “Next to Other Option”.

Langkah 5

Selanjutnya Anda dapat memilih lokasi penyimpanan data backup yang Anda buat dengan memasukkan nama di dalam kotak File, lalu pilih “Change Folder”. Di sini Anda dapat memilih lokasi yang Anda kehendaki untuk menyimpan data backup yang Anda buat, tapi bila Anda ingin data tersebut tersimpan di lokasi yang telah ditentukan aplikasi yakni dalam folder User Document, Anda bisa langsung klik “Backup”.

Langkah 6

Selanjutnya Anda tinggal menunggu proses backup selesai  dan setelah itu Anda dapat melepaskan sambungan ponsel BlackBerry Anda dari komputer.

Langkah 7

Untuk Mengembalikan data yang telah Anda backup, Anda bisa terlebih dahulu menyambungkan BlackBerry Anda ke komputer dan membuka aplikasi BlackBerry Desktop Software. Setelah terbuka Anda langsung menuju ke menu Device dan pilih Restore dengan menekan tombol “Restore”.

Mudah bukan? Kini Anda tidak perlu khawatir kehilangan data maupun kontak pada BlackBerry Anda, selanjutnya Anda hanya cukup melakukan backup secara berkala agar data yang baru pun ter-backup. Selamat mencoba. (LH)