CiriCara: Cara Download Video dengan Download Helper di Firefox

by
February 6th, 2013 at 9:10 am

download helperCiriCara.com – Kini hampir semua informasi dan data bisa kita cari di internet, kadang kita hanya hanya berkeliling mencari informasi kadang kita juga perlu mengunduh data yang kita butuhkan. Data ini dapat berupa gambar, video, teks dan sebagainya.

Pengguna browser Mozilla Firefox mungkin telah terbiasa dengan aplikasi IDM (Internet Download Manager) yang berguna sebagai aplikasi alternatif yang membantu dalam kegiatan mengunduh data.

Namun banyak pengguna Firefox tidak tahu bahwa ada plug-in download andal untuk Firefox yang mudah untuk digunakan. Khususnya untuk unduh video, nama plug-in handal ini adalah Download Helper.

Bagaimana cara menginstal dan menggunakannya? Mari kita simak cara download video mudah dengan aplikasi Download Helper berikut ini:

1. Langkah pertama, pastikan Mozilla Firefox Anda adalah versi paling baru untuk mencegah masalah ketidakcocokan dengan plug-in Download Helper.

2. Setelah Firefox terinstal rapi, lanjutkan dengan menginstal add-on Download Helper. Caranya adalah dengan klik tombol “Firefox”  dalam browser Firefox lalu menuju pilihan “Add-ons”. Pada halaman Add-ons, masukan Download Helper pada kolom search sebagai kata kunci pencarian add-on.

Bila sudah ditemukan lanjutkan dengan menginstal add-on Download Helper. Setelah selesai instalasi, lanjutkan dengan me-restart Firefox. Bila proses penginstalan berhasil maka Anda akan melihat ikon berbentuk 3 bola berwarna kuning, biru, merah di sebelah kiri kolom URL.

3. Selanjutnya Anda dapat mencoba download video menggunakan plug-in ini, masuk ke situs Youtube dan pilihlah video yang ingin Anda unduh. Saat video terbuka maka dengan otomatis plug-in Download Helper mendeteksi adanya video yang bisa di-download yang ditandai dengan berputar-putarnya ikon Download Helper.

Klik kanan ikon tersebut dan Anda akan dihadapkan dengan beberapa pilihan, untuk langsung men-download video, Anda bisa ke arah pilihan media dan memilih kualitas video yang Anda kehendaki, lalu eksekusi dengan mengkliknya.

Download Anda sudah dimulai, mudah bukan? Sayangnya plug-in ini tidak dilengkapi dengan pilihan yang lengkap seperti mengelola file download dan mengatur kecepatan download, tapi justru kesederhanaan ini menjadikan Download Helper menjadi pilihan bagi pengunduh yang tidak ingin pusing dengan setting download yang rumit. Terlebih lagi, plug-in ini sepenuhnya gratis, tertarik? (LH)

Comment di sini