CiriCara: Cara Pilih Mouse Sesuai Kebutuhan

by
February 6th, 2013 at 2:12 pm

217715810CiriCara.comMouse atau tetikus adalah salah satu perangkat pendukung komputer yang sederhana namun penting kegunaannya. Mouse pada umumnya bekerja menggunakan 3 bagian, yakni sensor, dua tombol kiri dan kanan, serta scroll wheel.

Namun seiring dengan bertumbuh kembangnya fungsi komputer, mouse pun turut berkembang dan bertambah kegunaan. Sebagai contoh, mouse untuk bermain game atau untuk desain grafis hadir dengan ketepatan yang akurat dan memiliki tambahan tombol shortcut guna memudahkan pemakainya mengakses fitur aplikasi tertentu.

Bahkan, kini sudah hadir mouse dengan memori bawaan yang tertanam di dalam mouse.

Bila Anda bingung dalam memilih jenis mouse yang cocok untuk keperluan Anda, berikut ini ada cara pilih mouse sesuai kebutuhan Anda:

1. Perhatikan Dots Per Inch (DPI)

images

Salah satu fitur yang berbeda-beda dari sebuah mouse adalah ukuran DPI-nya, DPI adalah satuan unit titik dalam satu inci. Maka semakin besar DPI-nya semakin akurat juga pointer mouse tersebut. Mouse yang ber-DPI tinggi tentu saja amat nyaman digunakan untuk aplikasi-aplikasi komputer yang membutuhkan pergerakan secara detail. Namun untuk aplikasi sehari-hari, mouse ini tidak terasa berbeda bagi orang awam. Jadi bila Anda hanya menjalankan aplikasi sehari-hari saja maka mouse dengan DPI tinggi tidak dibutuhkan.

2. Pertimbangkan Wireless atau Wired Mouse

JBA - Logitech G700 - Wired And Wireless Gaming Mouse - 29

Kini mouse nirkabel sudah lazim digunakan, jenis mouse tanpa kabel ini memiliki banyak keuntungan seperti, lebih praktis karena tidak terikat kabel hingga bisa digunakan dari jarak jauh dan mudah dibawa kemana-mana. Mouse jenis ini umumnya menggunakan Bluetooth atau gelombang radio guna menyambungkan koneksinya ke perangkat komputer. Sumber tenaga mouse ini umumnya dari baterai yang tertanam pada mouse yang bisa diisi daya atau diganti. Namun bagi Anda yang tidak ingin repot mengisi daya dan mengganti baterai, ditambah lagi harga mouse jenis ini yang agak tinggi, Anda bisa tetap bertahan pada pilihan mouse kabel saja.

3. Mouse Tepat Guna

logitech-wireless-gaming-mouse-g700

Untuk menjalankan aplikasi sehari-hari, sejatinya hanya dua tombol mouse yang praktis digunakan yakni tombol kiri dan kanan serta scroll wheel. Namun kini mouse juga hadir dengan banyak tombol di kiri dan kanan, bahkan tidak jarang dengan tambahan scroll wheel. Mouse canggih ini biasanya digunakan untuk bermain game atau melakukan pekerjaan dengan aplikasi yang rumit seperti edit grafis tiga dimensi dan video. Maka jika Anda rasa Anda tidak menggunakan mouse tersebut untuk keperluan-keperluan seperti di atas, mouse dengan dua tombol dan satu scroll wheel pun sudah cukup.

Tentunya Mouse yang ber-DPI tinggi, wireless, dan bertombol lengkap lebih bagus, namun alangkah bijaknya jika Anda menyesuaikan dengan kocek dan kebutuhan agar kegunaan mouse tersebut tidak sia-sia. (LH)

Comment di sini