Kiai: Umat Islam Boleh Rayakan Imlek

by
February 6th, 2013 at 9:33 am

Tarian BarongsaiYogyakarta (CiriCara.com) – Perayaan tahun baru Imlek 2013 tinggal hitungan hari. Sejumlah masyarakat Tionghoa sudah mulai menyusun acara untuk merayakannya. Bagaimana dengan masyarakat yang beragama Islam?

Kiai Haji Masurur Ahmad menuturkan bahwa umat Islam diperbolehkan ikut merayakan tahun baru Imlek. Pasalnya, Islam tidak melarang umatnya untuk melestarikan suatu tradisi. Namun, perayaan Imlek tidak boleh melenceng dari kaidah dan syariat Islam.

“Imlek sendiri sudah menjadi perayaan tradisi dan budaya. Seperti umat Islam saat merayakan tahun baru Hijriah, Isra Miraj, dan Maulid Nabi,” kata Masurur yang merupakan pengasuh Pondok Pesantren Al-Qodir, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta, Senin (4/2/2013).

Masurur menjelaskan, selama tidak ikut melakukan ibadah di kelenteng, umat Islam diperbolehkan ikut merayakan Imlek. Umat Islam boleh saja mengikuti pameran budaya seperti pawai barongsai dan kebudayaan China lainnya.

“Di masyarakat Islam, tradisi semacam itu diharapkan dapat meningkatkan rasa keimanan,” jelas Masurur, seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (6/2/2013).

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kiai Haji Abdul Muhaimin. Menurut Ketua Forum Kerukunan Umat Beriman DIY itu, umat muslim tetap boleh merayakan Imlek asal tidak melanggar kaidah dan syariat Islam.

“Itu kan tradisi orang Tionghoa memperingati pergantian musim, asal bisa menjaga akidah dan norma agama (Islam), silakan saja,” ujar Abdul Muhaimin yang juga merupakan pengasuh Pondok Pesantren Nurul Ummahat Kotagede, Yogyakarta.

Bahkan, Abdul Muhaimin juga sempat menawarkan perayaan Imlek digelar di pondoknya. Pasalnya, saat itu Perhimpunan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) dilarang menyelenggarakan perayaan Imlek di masjid.

Menurut Abdul Muhaimin, selama tidak melanggar akidah dan syariat, Islam tidak melarang perayaan Imlek. Namun, umat muslim dilarang ikut dalam peribadahan menyembah patung di kelenteng saat Imlek tiba.

Tahun baru Imlek yang ke-2564 kali ini jatuh pada tanggal 10 Februari 2013. Itu artinya, perayaan tahun baru Imlek 2013 tinggal 4 hari lagi.
(YG)

Comment di sini