Massa Demo Buruh Ingin Masuk TV

by
February 6th, 2013 at 3:01 pm

Demo BuruhJakarta (CiriCara.com) – Ribuan buruh yang tergabung dalam elemen buruh Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) se-Jabodetabek melakukan aksi demo di sejumlah lokasi di Jakarta. Akibatnya, kemacetan pun terjadi di lokasi demo tersebut.

Dalam orasinya, seorang orator yang menaiki mobil bak terbuka dengan suara lantang menyuruh peserta demo untuk merapikan barisan. Tujuannya agar bisa terlihat bagus saat diliput oleh wartawan media televisi.

“Spanduknya dipampang biar masuk TV-nya bagus, aksi kami diliput,” kata sang orator yang mengatur barisan peserta demo buruh melalui pengeras suara, seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (6/2/2013).

Sementara itu, Presiden FSPMI Said Iqbal menuturkan bahwa pihaknya menutut pemerintah segera mengeluarkan RPP dan RPerpres tentang jaminan kesehatan dan penerima bantuan iuran (PBI). “Seharusnya aturan tersebut sudah dikeluarkan paling lambat 1 November 2012,” ujarnya.

Selain itu, FSPMI juga menuntut agar kebijakan jaminan kesehatan untuk seluruh rakyat Indonesia segera dikeluarkan pada 1 Januari 2014, bukan 1 Januari 2019. FSPMI juga meminta agar iuran kepesertaan untuk buruh tetap dibayarkan pihak pengusaha.

Buruh yang tergabung di FSPMI juga mendesak agar pemerintah bisa mempercepat pengesahan jaminan pensiun yang semula 1 Juli 2015, menjadi 1 September 2013 mendatang. FSPMI juga secara tegas menolak penangguhan UMP 2013.

“Kami juga menolak Instruksi Presiden tentang Gangguan Keamanan Nasional dan Menolak RUU Keamanan Nasional dan mendesak DPR menghentikan RUU Kamnas karena anti demokrasi,” kata Said.

FSPMI juga meminta agar komponen KHL dijadikan 84 item. Menurut mereka, KHL 84 item merupakan jaminan agar buruh bisa hidup layak sesuai dengan kebijakan dari pemerintah. “Upah layak KHL minimal 84 item,” jelas Said.

(YG)

Comment di sini