Asal Usul Tradisi Angpao Imlek

by
February 7th, 2013 at 11:18 am

tradisi angpaoCiriCara.com – Beberapa hari lagi masyarakat keturunan Tionghoa akan merayakan Imlek. Berbagai hiasan serba merah dan emas menghiasi berbagai sudut pertokoan dan pusat-pusat perbelanjaan lainnya.

Sebagian besar orang yang akan merayakan Imlek pun sudah mulai berbenah. Mulai dari membersihkan rumah, menyiapkan baju cheongsam, hingga menyiapkan angpao.

Tahun Baru China atau biasa disebut Imlek biasanya identik dengan memberikan angpao. Tradisi memberikan angpao saat imlek itu melambangkan kegembiraan dan semangat yang akan membawa nasib baik. Biasanya, angpao diberikan dari orang yang sudah menikah kepada orang yang belum menikah.

Lalu, tahukah Anda kenapa saat Imlek identik dengan memberikan angpao?

mendapatkan angpao

Pada zaman dahulu kala saat mendekati perayaan tahun baru, ada sosok makhluk yang menyerupai binatang besar. Makhluk itu gemar mengelus dahi anak-anak yang sedang tertidur lelap.

Akibat perbuatan makhluk tersebut banyak anak yang menjadi gila. Melihat hal tersebut, para orangtua selalu menjaga anaknya setiap malam agar tidak dihampiri oleh makhluk yang menyerupai bintang besar itu.

Begitu juga dengan keluarga yang satu ini, yang mana mereka memiliki anak di usia senja. Mereka selalu menjaga anaknya dari makhluk yang mengerikan itu. Suatu hari sang ayah dan ibu sedang mengajak bermain anaknya. Mereka bermain bersama anak dengan kertas merah yang berisi uang.

Lelah bermain, mereka tertidur dengan lelap dan saat itulah makhluk mengerikan datang menghampiri si anak dan hendak mengelus dahinya. Untungnya, sang ayah terbangun saat makhluk itu sudah sangat dekat dengan dahi si anak. Tiba-tiba, bungkusan merah berisi koin yang sebelumnya mereka mainkan itu memancarkan sinar terang. Melihat sinar terang yang dipancarkannya itu membuat makhluk berteriak seolah kesakitan.

Dalam waktu singkat, masyarakat di pelosok desa provinsi Zhejiang mengetahui peristiwa tersebut dan menganggap malam hari terakhir ke-30 setiap tahun dengan kertas merah yang diisi uang dan diletakkan di sisi bantal si anak dapat menghalau makhluk mengerikan itu. Semua orang lalu memasukkan uang ke dalam kertas merah dan menamakan uang itu sebagai angpao.

Benar atau tidaknya legenda tersebut, namun hingga saat ini angpao masih menjadi turun-temurun yang memeriahkan Tahun Baru China atau Imlek. (NR)

Comment di sini