Awas, Asteroid Raksasa Sedang Bergerak Mendekati Bumi!

by
February 7th, 2013 at 3:48 pm

ciricara.com-asteroid_raksasaJakarta (CiriCara.com) – Salah satu benda langit raksasa, asteroid sedang bergerak mendekati bumi pekan ini.

Asteroid dengan nama 2012 DA 14 itu akan mencapai jarak terdekat dari bumi pada Sabtu, 16 Februari 2013 pukul 02.26 WIB.

Diberitakan oleh Detik.com, seorang Profesor Riset Astronomi Astrofisika Lapan membenarkan adanya asteroid tersebut.

“Titik terdekatnya adalah 21 ribu km dari bumi, yang kira-kira berada dalam orbit satelit GPS. Ini tergolong paling dekat dengan bumi,” kata Profesor Riset Astronomi Astrofisika Lapan, Thomas Djamaluddin, Jumat 25 Januari 2013.

Dikatakan juga bahwa Indonesia adalah salah satu kawasan yang paling baik untuk melihat asteroid ini. Nantinya, benda angkasa ini akan terlihat seperti bintang redup yang akan melintas dengan cepat di antara bintang-bintang lainnya saat mendekati bumi.

Menurut Thomas, benda mirip bintang redup ini akan bergerak dari barat daya mengarah ke timur laut. Pengamatan yang baik bisa dilakukan lewat teleskop. Sementara luas benda luar angkasa ini diperkirakan sekitar 45 meter atau setengah lapangan bola.

Asteroid ini diperkirakan akan menghantam bumi sekitar 97 tahun lagi atau sekitar tahun 2110. Jika menghantam bumi, asteroid ini akan menimbulkan gelombang yang cukup besar.

Menurut Thomas, dengan adanya kemajuan teknologi, manusia bisa mendeteksi benda-benda langit yang melintas di bumi termasuk asteroid ini dengan lebih dini.

Sebelum asteroid ini menjadi benda luar angkasa yang mendekati bumi, sebuah asteroid bernama Apophis pernah diprediksikan menabrak bumi dan menimbulkan ledakan dahsyat.

Namun akhirnya, asteroid Apophis tersebut hanya melintas pada Kamis, 10 Januari 2013 tanpa menimbulkan dampak apapun. (RN)

Comment di sini