CiriCara: Cara Cerdas Ajari Anak Memanfaatkan Angpao

by
February 7th, 2013 at 1:14 pm

mendapatkan angpaoCiriCara.com – Saat perayaan Imlek, orang-orang yang belum menikah, khusunya anak-anak, tentu akan mendapatkan angpao dari orang yang sudah menikah. Nominal yang dimasukkan ke dalam amplop merah itu biasanya berbeda-beda pada tiap tahunnya.

Jika pada setiap tahunnya si anak selalu mendapatkan angpao dari sanak saudara yang sudah menikah, maka sebagai orangtua, Anda disarankan untuk mengajari anak memanfaatkan angpaonya dengan baik. Jangan biarkan si anak menghabiskan uangnya begitu saja. Ajarilah si anak untuk membelanjakan uang itu dengan bijak.

Dilansir Vemale.com, inilah cara cerdas ajari anak memanfaatkan angpao:

1. Ajari si anak menabung

angpao imlek

Saat anak mendapatkan angpao, ajari si anak untuk bisa menggunakan uangnya dengan bijak. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah mengajari si anak menabung. Ingatkan anak mengenai impiannya memiliki sepeda atau mainan baru. Katakan kepadanya bahwa Anda akan bersedia membayar sekian persennya. Namun untuk sisanya, si anak sendiri yang harus membayarnya. Dengan begitu, si anak akan termotivasi untuk menabungi uangnya.

2. Arahkan untuk membeli keperluannya

Anda bisa mengarahkan anak untuk membeli keperluannya sendiri, seperti peralatan tulis, sepatu, tas, atau mungkin mainan yang diinginkannya. Cara ini tentunya akan menjadi kebanggan tersendiri bagi si anak karena mereka seolah mampu membelinya dengan ‘uangnya sendiri’.

3. Manfaatkan untuk beramal

Selain mengarahkan untuk kedua hal tersebut, Anda juga harus mengajarkan anak untuk beramal dari uangnya sendiri. Caranya, Anda bisa membelikan 2 buah celengan untuk si buah hati. Arahkan mereka untuk memasukkan nominal yang berbeda pada setiap celengan. Misalnya, celengan yang satu harus diisi uang koin, sedangkan yang satunya diisi dengan uang lembaran.

Jelaskan kepadanya kalau celengan yang satu adalah uang mereka, sedangkan yang satunya harus diberikan pada teman-teman yang kurang mampu. Mungkin si anak akan bertanya, tapi Anda harus bisa menjelaskannya baik-baik kepadanya. Dengan begitu, Anda akan berbangga hati karena memiliki anak yang cukup bijak menggunakan uang.

Itulah cara cerdas ajari anak memanfaatkan angpao. Perilaku dan watak yang baik harus diajarkan pada anak sedini mungkin agar ketika dewasa kelak mereka akan terbiasa dengan hidup seperti itu. (NR)

Comment di sini