CiriCara: Cara Membatasi Anak Memainkan Gadget-nya

by
February 7th, 2013 at 4:07 pm

anak memainkan gadget-nyaCiriCara.com – Kemajuan teknologi saat ini kian mengubah segalanya, termasuk tingkah laku anak. Beberapa tahun silam, memberikan telepon genggam untuk anak yang masih di bangku kuliah dianggap berlebihan. Saat ini, anak-anak yang usianya masih 5 tahun malah sudah memiliki ponsel sendiri dan terkesan biasa saja.

Kini, ponsel atau gadget canggih sudah dikonsumsi anak-anak dalam kehidupan sehari-hari. Saat pergi mal, kita sudah tak heran lagi jika anak berusia 5 tahun memegang gadget dan memainkannya. Namun, sebagai orangtua Anda harus tetap mengawasi anak agar tidak kecanduan dengan barang mahal tersebut.

Anda harus tahu kapan si anak boleh memainkan gadget-nya. Jika membiarkan si anak terus-terusan memainkan gadget-nya, maka bisa membuatnya jadi lupa pada lingkungan sekitar dan malas belajar. Dilansir Boldsky.com, berikut cara membatasi anak memainkan gadget-nya:

1. Jangan biarkan si anak memegang terus gadget-nya

Saat mereka sedang berada di rumah, Anda harus menyimpan telepon genggam atau gadget yang dimiliknya. Jangan biarkan mereka membuang-buang waktunya dengan mengirim SMS atau saling menelepon temannya secara berlebihan. Simpan gadget miliknya dan jangan biarkan si anak berjam-jam berada di depan gadget-nya.

si anak bermain iPad

2. Jangan berikan ponsel berkamera

Ponsel untuk anak fungsinya adalah untuk menelepon agar bisa mengawasinya setiap waktu. Untuk itu, jangan berikan ponsel pada anak yang tak bisa merekam gambar dan video. Jika si anak berminat pada fotografi, maka Anda bisa membelikannya kamera.

3. Kontrol pemakaian internet

Bagaimanapun juga, anak-anak yang masih dalam usia 4-12 tahun masih perlu didampingi orantuanya jika ingin mengakses internet. Jangan sampai si anak membuka situs-situ yang seharusnya belum diketahuinya, seperti situs pornografi. Untuk itu, Anda harus memblok situs-situs dewasa dengan menggunakan walling system pada koneksi internet.

4. Tablet dengan child lock

Tidak masalah jika si anak diberikan gadget mahal selama mereka tidak menyalahgunakannya. Saat ini, banyak tablet yang memiliki sistem child lock. Untuk itu, aktifkanlah child lock pada tablet si anak agar si anak tidak menyalahgunakannya.

5. Menerapkan jam tertentu untuk memainkan gadget-nya

Anak-anak zaman sekarang cenderung lebih senang bermain di rumah dengan gadget-nya dibandingkan bermain di luar bersama teman-temannya. Namun, Anda harus menerapkan jam tertentu agar si anak tidak selalu bermain dengan gadget-nya.

Itulah cara membatasi anak memainkan gadget-nya. Cara yang Anda lakukan tersebut sebenarnya demi masa depan si anak. Si anak boleh saja mengenal kemajuan teknologi saat ini. Tapi, Anda sebagai orangtua harus bisa membatasi dan mengawasinya. (NR)

Comment di sini