Jokowi Raih Hasil Tertinggi untuk Survei Capres 2014

by
February 7th, 2013 at 10:58 am

Jakarta (CiriCara.com) – Baru menjabat beberapa bulan sebagai Gubernur DKI Jakarta, namun nama Joko Widodo (Jokowi) sudah diperhitungkan menjadi Calon Presiden (Capres) 2014.

Kepopuleran Jokowi ini tak lepas dari kedekatannya dengan rakyat kecil dan program-program unggulannya yang dinilai bisa mengubah wajah Ibukota Jakarta.

Tempo

Ahok.org

Karena gebrakannya itulah, nama Jokowi juga diperhitungakan dalam survei bursa Capres 2014. Diberitakan oleh Kompas.com, berdasarkan hasil survei Pusat Data Bersatu (PDB), nama Joko Widodo mengungguli sejumlah nama lain yang diperhitungkan sebagai Capres 2014.

“Temuan yang cukup mengejutkan, Jokowi suaranya paling tinggi di antara yang lain, menyalip Megawati, Prabowo, Aburizal Bakri, dan lainnya,” kata Ketua Lembaga Survei PDB, Didik Rachbini, dalam acara Dinamika Baru Bursa Capres 2014 di Hotel Kempinski, Jakarta, Rabu 6 Februari 2013 malam kepada Kompas.com.

Munculnya nama Jokowi dalam daftar tersebut membuktikan bahwa masyarakat Indonesia memang membutuhkan sosok baru yang bisa membawa perubahan serta bebas dari kasus korupsi.

Survei PDB itu diadakan pada tanggal 3-18 Januari 2013 dengan 1.200 responden yang berasal dari 30 provinsi. Dari hasil survei itu, Jokowi mendapat 21 persen suara yang disusul dengan Prabowo dengan 17 persen suara, dan Megawati dengan 11,5 persen suara. Dukungan untuk Jokowi itu tidak hanya datang dari responden di Pulau Jawa namun juga dari luar Pulau Jawa.

Menurut pengamatan seorang pengamat politik bernama Burhanuddin Muhtadi, Jokowi selama ini mampu menjaga optimisme publik dan pintar memasarkan programnya.

Tidak hanya berdasarkan survei PDB saja, karena sebelumnya telah ada beberapa lembaga survei yang membuktikan bahwa Jokowi memang terpilih menjadi Capres 2014 terkuat berdasarkan pendapat masyarakat.

Lembaga survei tersebut adalah Pol Tracking Institute yang membuktikan bahwa Jokowi terpilih menjadi Capres alternatif terkuat untuk Pemilu 2014 serta lembaga survei LSN (Lembaga Survei Nasional) yang menyatakan bahwa Jokowi menjadi salah satu sosok yang paling populer untuk menjadi Capres 2014. (RN)