My Xperia, Fitur Baru Sony untuk Temukan Ponsel yang Hilang

by
February 7th, 2013 at 10:42 am

myxperiaCiriCara.com – Anda penggemar produk buatan Sony? Jika iya, tentunya Anda pasti merasa menyesal jika melewatkan momen yang satu ini sebab kali ini akan muncul fitur baru dengan nama “My Xperia” yang telah diluncurkan oleh Sony pada hari Senin kemarin pada tanggal 5 Februari 2013.

Fitur tersebut tidak jauh berbeda dengan yang dimiliki iPhone yang bernama “Find My Phone”, yakni berfungsi untuk membantu para penggunanya agar dapat menemukan posisi ponsel mereka ketika hilang ataupun dicuri.

Sayangnya, fitur tersebut masih belum dapat dinikmati oleh semua para pengguna Xperia karena fitur My Xperia tersebut masih dalam tahap beta atau percobaan dan hanya dapat berfungsi pada Xperia Acro S saja. Selain itu, fitur ini juga baru dapat berfungsi di wilayah bagian Eropa Utara saja.

Sony Mobile memiliki rencana untuk bisa membawa layanan tersebut kepada seluruh pengguna Xperia dengan ketentuan minimal yang menggunakan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

Sony Mobile juga berencana agar layanan My Xperia tersebut dapat hadir pada kuartal 2 di tahun 2013 ini secara global. Apalagi, ada kemungkinan bahwa layanan tersebut sudah hadir pada Xperia Z yang merupakan perangkat terbaru mereka pada 2013 ini.

Cara menggunakan My Xperia cukup mudah, pengguna dapat langsung memilih pada bagian “Setting agar dapat mengaktifkan layanan tersebut. Setelah itu, pengguna dapat melakukan login melalui situs myxperia.sonymobile.com dengan menggunakan akun Google.

Melalui situs tersebut, pengguna dapat melihat dan mengetahui posisi ponsel mereka sendiri melalui peta. Tidak hanya itu, layanan tersebut juga dapat mengunci ponsel, mengeluarkan pemberitahuan suara pada ponsel, serta menghapus data baik data eksternal maupun internal.

Tidak hanya melacak ataupun beberapa tindakan yang lainnya, bahkan meski ponsel berada dalam mode diam, Anda dapat mengirimkan sinyal peringatan. Fitur tersebut  sangat berguna untuk menemukan ponsel yang hilang akibat dicuri atau tertinggal di suatu tempat.

Setelah melihat layanan aplikasi tersebut, kita jadi teringat akan Apple yang ternyata memiliki aplikasi yang tidak berbeda jauh dengan layanan My Xperia yang dimiliki oleh Sony ini. Namun, ini hanyalah salah satu aplikasi yang diperkenalkan oleh Sony.

Bukan hanya Sony Xperia dan iPhone saja yang memiliki aplikasi tersebut. Masih banyak aplikasi yang menyediakan layanan serupa di Google Play Store maupun App Store.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir karena ponsel Anda tidak terdapat layanan aplikasi tersebut. Di sana ada banyak layanan serupa yang kemungkinan besar lebih kompatibel dan cocok untuk digunakan oleh beberapa ponsel yang branded dengan sistem operasi Android. 

Dengan layanan tersebut, kita tidak perlu khawatir, takut, bingung, dan cemas karena lupa meletakkan ponsel, hilang, ataupun dicuri. Layanan tersebut cukup membantu Anda untuk menemukan posisi ponsel serta melakukan beberapa tindakan-tindakan pencegahan tertentu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. (CT)

Comment di sini