Ternyata Menolong Orang Lain Bisa Bikin Panjang Umur

by

menolong orangCiriCara.com – Panjang pendeknya usia seseorang memang ada di tangan Tuhan. Namun sebagai mahluk hidup ciptaan-Nya, kita tak boleh pasrah begitu saja. Anda disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat agar bisa terhindar dari segala macam penyakit yang bisa menyerang tubuh kapan saja.

Bukan hanya menerapkan pola hidup sehat saja yang harus Anda lakukan agar bisa bikin panjang umur. Namun, menolong atau membantu orang lain itu juga bisa membuat umur seseorang lebih panjang. Benarkah?

Menolong atau membantu orang lain termasuk dalam perilaku jenis prososial. Perilaku tersebut bertujuan untuk menguntungkan orang lain dan bukan diri sendiri. Perbuatan baik yang seperti itu ternyata tidak hanya berhubungan dengan mental, tapi juga mempengaruhi kesehatan fisik.

menolong orang lain

Hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa sering atau selalu membantu orang lain bukan hanya merupakan suatu perbuatan baik tapi juga bagus untuk kesehatan jantung. Selain itu, penelitian lain yang dilakukan oleh empat orang peneliti dari 3 universitas selama lima tahun menunjukkan bahwa berbuat baik atau membantu orang lain juga bisa membuat orang memiliki usia lebih panjang.

Dilansir Thirdage.com, Michael Poulin, asisten profesor di University Bufallo, New Jersey mengatakan bahwa memberikan bantuan pada orang lain bisa bermanfaat untuk kesehatan sekaligus mengurangi stres yang dirasa.

Hasil penelitian tersebut didapat setelah para peneliti melakukan penelitian terhadap 846 orang di wilayah Detroit. Para responden diminta menjawab pertanyaan mengenai kebiasaan membantu orang lain dan mengenai peristiwa yang membuatnya stres, seperti kematian orang yang disayangi, kehilangan pekerjaan, sakit, dan lain sebagainya.

Lalu, hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa membantu orang lain merupakan suatu perilaku yang bukan sia-sia. Dengan membantu orang lain ternyata bisa membuat umur Anda lebih panjang. Untuk itu, mulai saat ini biasakanlah membantu orang lain walaupun diri Anda sedang berada dalam kesulitan.

Menolong atau membantu orang lain tidak selalu memberikan barang atau uang. Anda bisa melakukannya dalam berbagai bentuk. Misalnya, meluangkan waktu saat dimintai pertolongan, seperti menemani orang lansia, menyumbangkan tenaga saat ada bencana, dan lain sebagainya. (NR)


comments powered by Disqus