Waspada, Pekan Depan Jakarta Dilanda Hujan Deras

by
February 7th, 2013 at 9:53 am

Jakarta (CiriCara.com) – Hujan deras yang kembali datang kemarin, Rabu, 6 Februari 2013 membuat beberapa ruas jalanan di Jakarta kembali terendam banjir.

Menurut pantauan Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hujan dengan intensitas tinggi diprediksikan akan kembali mengguyur sebagian besar wilayah Jakarta pada pekan depan. Bahkan curah hujan yang turun diprediksikan akan lebih besar dari yang terjadi kemarin, Rabu, 6 Februari 2013.

Merdeka

Merdeka

Dilansir dari Tempo.co, curah hujan yang tinggi ini dipicu oleh tekanan rendah di Samudera Hindia, sebelah barat Sumatera Barat yang menyebabkan peningkatan aktivitas awan-awan hujan di bagian barat Pulau Sumatera, bagian barat Pulau Jawa, bagian utara Pulau Kalimantan, bagian tengah Pulau Sulawesi, Maluku serta Papua.

Pusaran massa udara akibat tekanan rendah di wilayah utara Jakarta mengakibatkan konvergensi di wilayah tersebut. Sementara itu, massa udara dari timur Jakarta telah bergerak menuju Jakarta dan berbelok ke utara.

Pembelokan tersebut mengakibatkan terbentuknya cluster awan di Jakarta dan sekitarnya sehingga hujan diprediksikan jatuh pada pagi hari dengan intensitas ringan hingga sedang.

Selain itu akan ada potensi hujan cukup tinggi di Jakarta. Potensi hujan ini diakibatkan oleh pertemuan arus uap air di selatan pulau Jawa dan arus uap air dari utara di sekitar Lampung bagian selatan.

Arus uap air tersebut akan berbelok ke arah timur ke sebagian wilayah Kalimantan bagian selatan, Sulawesi bagian selatan hingga timur Indonesia khususnya Papua bagian utara.

Karena pertemuan inilah, sebagian besar wilayah di Pulau Jawa akan mengalami hujan deras yang melebihi intensitas hujan kemarin soore.

Hujan yang cukup deras tersebut akan menghasilkan kiriman air yang cukup besar bagi wilayah Jakarta. Namun walau begitu, kondisi kiriman air masih di bawah hujan deras pada 17 Januari 2013 lalu.

“Sifatnya besar hari ini mungkin besok tidak, tapi pekan depan hampir merata hujan besar,” kata salah satu sumber dari BMKG kepada Tempo.co.

Curah hujan yang akan turun pekan depan diprediksikan rata-rata berada di atas 50 milimeter per jam. Oleh karena itu, warga Jakarta dan sekitarnya diminta waspada terhadap kemungkinan banjir sama seperti yang pernah terjadi bulan lalu. (RN)

Comment di sini