6 Misteri Harta Karun Dunia yang Hilang

by
February 8th, 2013 at 4:58 pm

CiriCara.com – Pernah bercita-cita menjadi pemburu harta karun yang hilang? Jika kamu terobsesi dengan film Indiana Jones, kamu bisa mencari tahu sejarah tentang keenam harta karun terkenal di dunia yang konon katanya telah hilang.

Ingin tahu harta karun apa saja yang tercatat hilang? Berikut adalah penjabaran 6 harta karun dunia yang telah hilang:

1. Harta karun Alamo

Benteng Alamo

Peristiwa di Benteng Alamo menjadi catatan sejarah penting bagi Texas dan Meksiko. Pasalnya, Benteng Alamo adalah tempat terjadinya pertempuran dahsyat dari tanggal 23 Februari hingga 6 Maret 1836, sekaligus menjadi titik penting pada saat Revolusi Texas tersebut.

188 pria termasuk Jim Bowie dan Davey Crockett mencoba mengalahkan tentara Meksiko yang sangat kuat. Namun, di balik kabar peperangan besar itu, ada misteri harta karun berupa sejumlah besar emas dan perak, yang dikabarkan dikubur di bawah Benteng Almo tersebut.

Harta karun yang diduga dibawa oleh Jim Bowie dan Davey Crockett itu, kabarnya akan dipakai untuk membayar tentara untuk perang selanjutnya. Harta karun tersebut kemudian dinamakan San Saba. San Saba itu hilang saat ke-188 pria tersebut sibuk berperang.

Frank Buschbacher, sang pemburu harta karun sudah mencarinya di seluruh area sekitar Benteng Alamo, tapi tidak ada tanda-tanda harta karun tersebut pernah dikuburkan di bawah tanah.

2. Harta karun Dutch Schultz

Dutch Schultz

Dutch Schultz adalah seorang mafia terkenal dalam sepanjang sejarah Amerika. Namanya menjadi terkenal sebagai mafia mulai era tahun 1920-an hingga 1930-an. Dutch hidup di saat gangster dilarang. Meski demikian, Dutch tidak sendiri pada zaman itu, ada pula Lucky Luciano dan Meyer Lansky yang sama-sama bergelut di dunia mafia.

Kabarnya, Dutch berhasil mengumpulkan harta kekayaan yang melimpah dari hasil perbuatan jahatnya, salah satunya penyelundupan alkohol. Akan tetapi, ketika dia harus menghadapi tuntutan terhadap perbuatannya dari jaksa penuntut, harta karun yang sangat banyak itu dikabarkan hilang.

Ada sebagian orang percaya bahwa Dutch menyembunyikan harta karunnya itu di suatu tempat di daerah Gunung Catskill. Namun, hingga sekarang ini tidak ada yang mengetahui berapa jumlah harta karun yang disembunyikannya dan apa yang terjadi dengan harta miliknya itu.

3. Harta karun Puncak Victorio

Victorio Peak Treasure

Puncak Victorio (Victorio Peak) adalah bagian dari wilayah sebelah selatan Pegunungan Rocky di New Mexico. Pada tahun 1937, sepasang suami-istri yang diketahui bernama Doc dan Babe Noss menemukan kerangka, perhiasan, dan emas di tambang yang terletak di Puncak Victorio itu. Pada tahun 1939, Doc mencoba menelusuri lebih dalam penemuannya yang terdahulu itu, tetapi karena dia menggunakan peledak, alhasil akses masuk ke dalam tambang tersebut malah tertutup.

Akhirnya, dia tidak pernah bisa masuk kembali ke area yang selama bertahun-tahun ini dijadikan sebagai wilayah uji coba nuklir oleh pemerintah AS. Hingga kini, pihak keluarga Noss masih penasaran dengan harta karun tersebut, tapi sayang, tak seorang pun menemukan emas ataupun perhiasan yang dulu pernah ditemui oleh Doc dan istrinya.

4. Harta karun Montezuma

Montezuma’s Treasure

Montezuma adalah nama pemimpin legendaris suku Aztec yang berada di Meksiko tengah. Montezuma ini disebut-sebut sebagai orang yang memiliki kekayaan yang sangat melimpah. Namun, ketika kediamannya diserang oleh orang-orang Spanyol di bawah pimpinan Cortez, harta karun milik Montezuma yang berupa emas, perhiasaan seharga jutaan dollar AS dilarikan oleh orang-orang Montezuma dengan tujuan untuk disembunyikan.

Kemudian pada tahun 1914, seorang pencari harta karun menemukan gambaran yang dibuat pada sisi tebing yang cocok dengan tanda di sebuah peta harta karun tua yang mengarahkan pada letak harta karun Montezuma tersebut. Pencari harta karun yang bernama Freddy Crystal itu melacak letak persis harta karun Montezuma dengan menggunakan peta, dan ternyata tempat yang ditunjukkan adalah Kanab, Utah, AS.

Sayangnya, pencarian yang mengerahkan penduduk lokal itu, tidak membuahkan hasil. Freddy dan orang-orang suruhannya itu tidak menemukan emas ataupun harta karun lainnya.

5. Amber Room

Amber Room

Room atau ruangan ini berbeda dari gambaran ruangan yang ada pada umumnya. Ruangan ini hanya berukuran kecil yang dibuat dengan batu amber dirancang dengan kaca dan daun emas. Amber Room ini dibuat pada abad ke-18 yang akan dipersembahkan untuk Raja Friedrich I, Raja Prussia pertama.

Kemudian, ruangan itu dihadiahkan kepada Peter the Great, raja Rusia pada zaman itu. Setelah mengalami perubahan selama beberapa masa, ketika Perang Dunia II, Amber Room ini dijaga oleh tentara Nazi, dan dibawa ke Istana Konigsberg. Pada tahun 1944, istana itu hancur dan Amber Room itu tidak ditemukan lagi hingga sekarang. Tetapi pada tahun 2003 lalu, dibuatlah replika dari Amber Room tersebut.

6. Kapal Flor do Mar

Flor do Mar

Ini adalah sebuah kapal layar zaman dulu milik Portugis. Pada tahun 1502, kapten kapal ini adalah saudara lelaki dari Vasco de Gamma, Estavo. Kapal ini juga turut ambil bagian dalam pelayaran Portugis ke India pada 1505. Selain itu, kapal ini juga ikut dalam beberapa peperangan laut selama lebih dari 6 tahun. Hingga pada 1511, kapal tersebut hilang ditelan badai dahsyat.

Itulah keenam harta karun ternama di dunia yang hilang dan tidak pernah ada yang menemukannya kembali. (yk)

List Verse

Comment di sini