CiriCara: Cara Memilih Buah Mangga yang Benar

by
February 8th, 2013 at 3:59 pm

memilih mangga yang enakCiriCara.com – Mangga, salah satu buah yang memiliki banyak kandungan vitamin ini hampir disukai oleh sebagian besar orang. Namun, tak semua orang yang menyukai mangga itu pintar memilih mangga yang enak dan manis. Padahal, memilih mangga yang enak itu tidak terlalu sulit dilakukan.

Jenis mangga ada banyak, yaitu mangga arum manis, golek, mana lagi, gadung, dan lain sebagainya. Namun, warna kulitnya ketika sudah matang pun berbeda-beda. Untuk mendapatkan buah mangga dengan rasa yang enak, Anda harus pintar memilihnya.

Dilansir Perempuan.com, inilah cara memilih buah mangga yang benar:

1. Jangan dilihat dari kulitnya

Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah buah mangga tak bisa diukur kematangannya berdasarkan warna kulit. Jumlah varian buah mangga banyak dan warna kulitnya pun berbeda-beda. Dengan melihat warna kulitnya saja, tak bisa menjadi patokan untuk menentukan kematangannya. Jika hanya memilih buah mangga berdasarkan warna kulit, maka belum tentu Anda mendapatkan buah mangga yang matang dan manis.

buah mangga

2. Pegang mangganya

Cermat memilih harus Anda lakukan untuk mendapatkan buah mangga yang enak dan manis. Anda perlu memegang dan meremas buah mangga dengan pelan. Jika terlalu lunak, maka buah tersebut tandanya sudah terlalu matang. Sedangkan, jika terlalu keras, maka tandanya buah itu belum matang.

3. Mencium aromanya

Cara berikutnya yang harus Anda lakukan adalah mencium aromanya. Buah mangga yang sudah matang biasanya akan beraroma wangi. Untuk memastikannya, dekatkan buah mangga ke hidung Anda agar lebih bisa mencium aroma tersebut. Namun jangan membelinya jika buah mangga tersebut tidak memiliki aroma yang wangi karena dipastikan belum matang.

4. Hindari terdapat banyak bintik

Buah mangga yang enak dan manis biasanya memiliki kulit yang terlihat mulus. Jika pada kulit buah terdapat banyak bintik atau memar, maka jangan membelinya karena kondisi buah sudah tidak baik.

Itulah cara memilih buah mangga yang benar. Dengan pemilihan yang cermat, tentunya Anda akan mendapatkan mangga dengan daging buah yang tebal dan juga manis. Jadi, jangan sampai Anda salah memilihnya jika ingin mendapatkan buah mangga yang enak dan manis. (NR)

Comment di sini