CiriCara: Cara Tepat Merawat Bayi yang Baru Lahir

by
February 8th, 2013 at 10:16 am

CiriCara.com – Bayi yang baru lahir harus mendapatkan perawatan yang ekstra dan Anda sebagai seorang ibu harus berhati-hati saat merawatnya. Merawat si bayi mungil dengan cara yang tepat bisa membuatnya selalu merasa nyaman dan tumbuh cerdas. Misalnya, memanjakan si bayi dengan sering menggendong, berkomunikasi dengannya, dan lain sebagainya.

merawat bayi

Thinkstockphotos

Selain itu, ada perawatan lain yang harus Anda lakukan agar kondisi si mungil tetap sehat dan higenis. Apa saja yang harus dilakukan sang ibu sejak bayi itu dilahirkan? Dicuplik dari Vemale.com, inilah cara tepat merawat bayi yang baru lahir:

1. Menjaga kebersihan bayi

Untuk menjaga kebersihannya, Anda bukan hanya memandikan atau mengganti popok si bayi. Namun, Anda juga harus lebih berhati-hati pada orang-orang yang menjenguknya. Bagaimanapun, mintalah dengan sopan pada mereka untuk mencuci tangan terlebih dahulu atau menggunakan hand sanitizer sebelum memegang atau mencium si bayi. Demi kebaikan si bayi, tentunya mereka juga akan memakluminya.

2. Pakaikan baju hangat

pelukan seorang ibu

Bayi tidak bisa mengendalikan apa yang ada di sekelilingnya. Meskipun hanya sehelai selimut, namun Anda harus berhati-hati menggunakannya untuk si bayi. Alangkah baiknya memakaikan baju hangat saja dan penutup tangan serta kaos kaki untuk si bayi. Hal tersebut untuk menghindari selimut menutupi wajah si bayi yang bisa membahayakan nyawanya.

3. Perbanyak pelukan

Pelukan seorang ibu memiliki kemampuan menenangkan si bayi. Selain itu, pembunuh rasa sakit dan tidak nyaman yang efektif adalah pelukan dari seorang ibu. Agar membuat si bayi selalu merasa nyaman dan hangat, Anda harus lebih sering memeluknya.

4. Atasi syndrom baby blues

Syndrom baby blues merupakan kondisi stres yang dialami seorang ibu pasca melahirkan. Penyebabnya bisa dikarenakan perubahan hormon, kelelahan, sakit akibat operasi, bayi rewel, ASI macet, khawatir dengan kondisi si bayi, dan lain sebagainya. Untuk mengatasinya, Anda harus melakukan banyak komunikasi dengan orang-orang yang disayang atau sesama ibu muda. Selain itu, Anda juga harus berpikir positif dan ikhlas ketika merawat si mungil.

5. Hindari rokok

Sangat penting untuk menjauhkan bayi dari asap rokok dan polusi lainnya. Bahkan, hal ini disarankan sejak masa kehamilan. Ketahuilah bahwa ibu yang mengisap rokok semasa hamil akan menambah risiko kematian mendadak pada bayi. Penelitian yang dilakukan di Ohio menunjukkan bahwa nikotin dalam rahim bisa mengubah napas bayi sejak dalam kandungan.

Itulah 5 hal yang harus dilakukan ibu sejak bayi dilahirkan. Merawat bayi dengan benar sejak ia dilahirkan memang harus dilakukan oleh si ibu. Tujuannya adalah agar kesehatan bayi tetap terjaga dan tumbuh menjadi anak yang cerdas. (NR)

Comment di sini