Luis Blanco Jeblok Saat Tangani Timnas U-20 China

by
February 8th, 2013 at 10:49 am

Luis Manuel BlancoJakarta (CiriCara.com) – PSSI telah mendatangkan pelatih baru dari Argentina, Luis Manuel Blanco. Meski baru datang, Blanco sudah didaulat menjadi pelatih kepala untuk menangani timnas Indonesia. Seperti apa perjalanan karir Blanco selama jadi pelatih?

Pada 1972, Blanco diketahui pernah menjadi pemain di sejumlah klub di Argentina, diantaranya adalah Lanus dan Boca Juniors. Karirnya sebagai pemain juga sampai ke luar negeri, dia sempat bergabung dengan klub asal Bolivia, Oriente Petrolero.

Blanco terakhir bergabung dengan klub asal Kanada, Toronto Metros. Pelatih asal Argentina itu mengakhiri karirnya sebagai pemain bersama Toronto Metros.

Blanco kemudian tercatat sebagai pelatih dan sempat menangani sejumlah klub di liga utama Argentina, yakni Atlético Platense, Atlético Belgrano, dan Deportivo Español. Namun, kiprahnya sebagai pelatih timnas hanya satu kali, yakni timnas China U-20.

Selama melatih timnas China U-20, Blanco memperoleh catatan buruk. Tim asuhannya itu tiga kali mengalami kekalahan sehingga harus tersingkir dari fase grup Piala Asia U-19 tahun 2012 lalu. Timnas China U-20 kalah 1-2 dari Thailand dan kalah juga dari Korea Selatan dengan skor 0-1.

Karena timnas China U-20 tersingkir dari fase grup Piala Asia, akhirnya Blanco pun dipecat. Hingga akhirnya dia mendarat di Indonesia dan dikontrak PSSI selama 2 tahun. Tidak hanya itu, Blanco juga mengklaim sudah jadi pelatih kepala. “Saya menjadi pelatih kepala,” katanya.

Berkaitan dengan kehadiran Blanco di Indonesia, nasib pelatih timnas Nil Maizar pun dipertanyakan. Benarkah PSSI akan memecat Nil yang saat ini dalam perjalanan pulang setelah kalah dari Irak pada Rabu (6/2/2013) malam WIB.

“Nanti akan dikompromikan,” ujar Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin.

Mampukah Luis Blanco membawa timnas Indonesia menuju sepakbola yang lebih baik dan berprestasi?

(YG)

Comment di sini