Mantan Pacar Afgan Terlibat Kasus Suap Impor Daging?

by
February 8th, 2013 at 9:17 am

Jakarta (CiriCara.com)Skandal suap impor daging sapi dengan tersangka utama, Presiden Partai Keadilan Sejahtera, Luthfi Hasan Ishaaq tidak hanya berhenti pada dirinya.

Kini, kasus tersebut melibatkan nama lain yaitu Elda Devianne Adiningrat dan anaknya Arleen Rainamira Adiningrat, anaknya. Kedua nama tersebut membentuk perusahaan PT Radina Bio Adicita.

Arleen, anak Elda, diketahui sebagai seorang gadis yang pernah dekat dengan penyanyi Afgan Syah Reza. Bahkan keduanya dikabarkan pernah memiliki hubungan khusus.

Perusahaan yang dibentuk oleh Elda dan anaknya inilah yang digunakannya untuk mengikuti tender komoditas di Kementerian Pertanian.

Tempo

Tempo

Hingga saat ini, Elda masih berstatus sebagai seorang saksi. Namun, Ketua KPK., Abraham Samad telah memastikan bahwa Elda ikut terlibat dalam kasus suap impor daging sapi.

“Dia main juga di kasus daging,” kata Abraham, Rabu, 6 Februari 2013 kepada Tempo.co.

Namun ketika dikonfirmasi kepada pihak Elda maupun Arleen, kedua orang ini belum bisa memberi keterangan pasti. Penjaga rumah Elda maupun Arleen mengatakan bahwa keluarga Elda tidak pulang sejak Senin, 4 Februari 2013.

Nama Elda muncul dalam penyelidikan KPK karena ia diduga memberi mobil Land Cruiser kepada Luthfi Hasan. Luthfi diketahui pernah menjangkau bidang lainnya selain izin impor daging sapi.

Menurut penyidikan KPK, Elda pernah bertanya kepada Luthfi, “Apakah Land Cruiser-nya enak dibawa keliling Sumatera?”

Para penyidik menduga bahwa Elda-lah yang memberikan mobil kepada Luthfi Hasan. Akhirnya, Elda yang juga mantan Ketua Umum Asosiasi Perbenihan Indonesia ini dicegah bepergian ke luar negeri selama enam bulan ke depan.

Tetapi ketika dikaitkan dengan Lutfhi, Rachman yang juga ayah Elda membantah Elda telah terlibat dalam kasus suap impor daging.

“Dia tak ada sangkut pautnya dengan Luthfi Hasan,” kata Rachman saat itu kepada sumber yang sama. (RN)

Comment di sini