Waspada Modus Penipuan Baru di Area Mesin ATM

by
February 8th, 2013 at 3:06 pm

CiriCara.com – Berbagai cara banyak dilakukan penipu untuk menipu orang incarannya. Salah satu penipuan yang kian marak di Jakarta adalah penipuan permintaan pulsa. Hingga saat ini, penipuan permintaan pulsa itu masih ada dan beberapa orang mungkin masih ada yang terjebak dengan penipuan tersebut.

Penipuan permintaan pulsa yang masih marak hingga saat ini bisanya via SMS yang berisi, “Kirimin pulsa dong ke nomor 08xxxx, saya lagi di jalan”. Si penipu yang meminta pulsa tersebut seolah-olah mengirimkan SMS itu kepada anak, suami, istri, atau pacarnya. Hal tersebut hanya sebagai kedok saja untuk mendapatkan pulsa gratis.

Bukan hanya penipuan permintaan pulsa saja yang marak di Jakarta, tapi kali ini berkembang modus penipuan baru di area mesin ATM. Banyaknya modus penipuan yang dilakukan sang penipu itu mewajibkan Anda untuk lebih berhati-hati lagi saat berada di luar rumah.

Dilansir Detik.com, Divisi Humas Mabes Polri mengatakan bahwa modus baru penipuan ini terjadi saat nasabah bank sedang mengambil uang di mesin ATM.

Kompas

Kompas

Sang penipu berpura-pura ikut mengantre dan mengambil uang seperti para nasabah lainnya. Setelah mengambil uang, mereka akan mengincar orang yang sudah menjadi sasarannya dan berkata kalau dirinya salah melakukan transaksi.

Sang penipu akan mengatakan kepada nasabah incarannya itu bahwa dirinya seharusnya mentransfer uang, bukan menarik secara tunai. Alasan sang penipu pun karena dirinya salah memencet tombol di ATM.

Sang penipu kemudian meminta tolong nasabah untuk mentransferkan uang ke rekening tertentu dan menyerahkan uang yang telah diambilnya. Setelah ditransfer oleh nasabah, sang penipu pun akan meninggalkan tempat tersebut. Sementara, uang yang diterima oleh nasabah itu adalah uang palsu.

Beberapa para nasabah yang merasa kasihan mungkin bermaksud baik untuk menolongnya. Namun, ketahuilah bahwa hal tersebut merupakan modus baru yang dilakukan penipu di sekitar mesin ATM.

Untuk itu, Anda disarankan untuk lebih berhati-hati lagi saat hendak melakukan transaksi dengan mesin ATM. Jangan mau dimintai pertolongan oleh orang yang tidak Anda kenal karena bisa saja mereka merupakan seorang penipu. (NR)

Comment di sini