CiriCara: Cara Tepat Menangani Ponsel yang Terkena Air

by
February 9th, 2013 at 8:50 am

images (1)CiriCara.com - Pada musim hujan ini, tidak sedikit orang yang mengeluh karena perabotan rumah kemasukan air atau bahkan ponsel terkena hujan atau bahkan tercebur ke dalam kubangan air.

Tentunya, hal itu semakin merepotkan Anda karena bila ponsel sudah terkena air atau bahkan terendam air kemungkinan ponsel akan rusak atau bahkan tidak dapat digunakan kembali. Hal itu mengharuskan Anda untuk memperbaiki ponsel Anda atau bahkan membeli ponsel baru lagi. Lalu bagaimana cara mengatasinya jika ponsel terkena air?

1. Ambil ponsel segera

Air dapat dengan mudah masuk ke dalam sela-sela ponsel dalam waktu singkat meski kelihatannya ponsel sulit untuk ditembus air. Untuk itu, Anda harus mengeluarkan ponsel Anda dari air secepat mungkin lalu matikan untuk mencegah korsleting yang terjadi di dalam ponsel. Ingat, jangan sampai Anda nyalakan ponsel Anda kembali sampai benar-benar kering.

2. Hati-hati listrik

Memang Anda ingin menyelamatkan ponsel Anda, tapi ingat bahwa itu bukan berarti Anda harus mempertaruhkan jiwa. Sebab, jika Anda mengambil ponsel yang sedang diisi ulang dayanya, risiko tersengat listrik semakin besar. Untuk itu, matikan sumber listrik terlebih dahulu dan pastikan tidak ada arus listrik yang mengalir dari stop kontak.

3. Keringkan ponsel secepat mungkin

Memang langkah awal untuk mencegah kerusakan komponen elektronik dalam ponsel adalah dengan tidak menyalakannya sehingga tidak terjadi aliran listrik dari baterai. Setelah itu, Anda perlu mengeringkannya dengan kain ataupun handuk, serta lepas penutup dan baterainya.

4. Amankan kartu SIM dan memory

Sebagian orang menganggap bahwa data ataupun segala informasi yang tersimpan pada kartu memori ataupun kartu SIM lebih penting dibandingkan dengan ponselnya. Meskipun kedua benda tersebut cukup tahan terhadap air, ada baiknya Anda segera mengeluarkan dan mengeringkannya untuk menghindari korosi.

5. Bongkar aksesorihape dalam beras

Beberapa aksesori seperti headphone ataupun casing malah dapat mempersulit proses pengeringan. Bahkan Anda bisa jadi tidak tahu apakah semua bagian pada ponsel benar-benar kering. Untuk itu, lepaslah segala aksesori yang menempel pada ponsel setelah mengeluarkannya dari dalam air.

6. Gunakan bahan penyerap air

Cara yang paling cepat dan sederhana adalah dengan memasukkan ponsel ke dalam beras hingga semalaman untuk mempercepat proses penyerapan air. Atau Anda juga dapat menggunakan cara yang lebih efektif, yaitu dengan menggunakan silica gel . Anda bisa juga menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot air yang masuk dari sela-sela yang sulit untuk dikeringkan.

7. Nyalakan kembali

Setelah Anda berusaha semaksimal mungkin untuk mengeringkan ponsel Anda setidaknya 24 jam, saatnya Anda mencoba untuk menyalakan ponsel tersebut. Sebelumnya, Anda juga harus mengamati tiap sisi ponsel dan pastikan setiap bagian dari ponsel tersebut benar-benar kering.

Lalu, nyalakan kembali ponsel dan amati apakah ponsel Anda dapat kembali normal. Terkadang, ponsel sudah kering tapi tetap saja tidak mau menyala. Solusinya adalah hubungkan ponsel tersebut dengan penambah daya. Jika menyala maka ada kemungkinan baterai rusak dan perlu diganti.

8. Bawa ke tempat servis

Bila memang ponsel tetap saja tidak mau menyala, lebih baik Anda membawanya ke tempat servis yang profesional. Ingat, jangan coba untuk membongkar ponselnya sendiri karena itu akan memperparah keadaan, bahkan Anda juga berpotensi akan tersengat listrik atau terpapar bahan kimia yang malah membahayakan diri Anda sendiri. (CT)

Comment di sini