CiriCara: Cara Jitu Memilih Kacamata Hitam

by
February 10th, 2013 at 1:25 pm

cara memilih sunglassesCiriCara.com - Sebagian besar orang menganggap bahwa sunglasses atau kacamata hitam digunakan hanya untuk gaya-gayaan saja. Padahal, fungsi sunglasses ini tidak hanya sebagai bagian dari penampilan, tapi juga berguna untuk kesehatan.

Fungsi sunglasses yang sebenarnya adalah untuk mengurangi intesitas cahaya yang masuk ke mata. Jika intensitas matahari yang menuju mata besar, akan merusak retina mata dan memicu kebutaan. Selain itu, sinar UV yang berasal dari matahari akan menyebabkan penuaan dini pada kulit serta menyebabkan menipisnya kulit di sekitar mata.

Sebagian besar orang memilih sunglasses hanya didasari pada desain atau bahkan warna favorit mereka sendiri, padahal masih ada kriteria-kriteria lain yang harus dipenuhi dalam memilih sunglasses tersebut:

1. Kecocokan dengan wajah

Kebanyakan orang tentunya akan memilih sunglasses yang sesuai dengan wajah mereka sehingga mereka menghindari kacamata tertentu yang tak sesuai dengan bentuk wajahnya. Namun, itu membuat tampilan Anda jadi monoton jika hanya menggunakan satu tipe kacamata tertentu saja sepanjang waktu.

Untuk itu, ada baiknya Anda tidak membatasi diri Anda karena bentuk wajah yang tidak sesuai. Sebagai awal, Anda dapat mencoba-coba beberapa model tertentu yang belum pernah Anda gunakan sehingga Anda tidak perlu menggunakan satu kacamata saja.

2. Kenyamanankacamata hitam

Jangan lupa akan hal yang satu ini, kenyamanan sangat penting ketika Anda menggunakan sunglasses. Jangan sampai Anda memaksakan mengenakan kacamata karena modelnya yang bagus tapi tidak nyaman.

Tanda ketidaknyamanan kacamata antara lain penyangga hidung kacamata yang selalu melorot, tangkai kacamata yang telalu longgar ataupun ketat, bahkan alergi pada frame metal. Itu akan membuat Anda tersiksa dan Anda tidak akan menikmatinya saat menggunakan sunglasses tersebut.

3. Jenis lensa

Anda juga harus mengetahui jenis lensa apa yang Anda butuhkan, sebab beda lensa beda pula kegunaannya. Ketika Anda memilih sunglasses, lebih baik Anda memilih lensa yang dapat menahan sinar UV hingga 100 persen. Selain jenis, warna lensa juga mempengaruhi asupan cahaya yang masuk ke mata.

Lensa dengan warna merah cocok untuk digunakan di saat Anda sedang bermain golf atau berolahraga air. Sedangkan untuk warna lensa kekuningan lebih cocok digunakan pada saat matahari tidak terlalu terik. Untuk warna lensa yang bersifat keabu-abuan lebih cocok digunakan di tempat yang memiliki cahaya yang menyilaukan.

4. Fungsi

Ternyata pada setiap sunglasses memiliki fungsi serta kegunaan masing-masing, untuk itu Anda harus mengenali tiap fungsi dari sunglasses tersebut.  Jangan sampai Anda memilih kacamata aviator yang berbentuk bulat biasanya digunakan untuk pilot untuk berolahraga, karena hal tersebut malah akan mengganggu kegiatan Anda serta cenderung melorot. Anda juga dapat menggunakan sunglasses yang modis atau sporty jika saat santai. (CT)

Comment di sini