5 Tradisi Unik Hari Valentine

by
February 11th, 2013 at 4:27 pm

CiriCara.com – Tradisi yang melekat pada setiap perayaan Hari Valentine, adalah setiap wanita memberikan cokelat pada pria yang ditaksir, maupun yang sudah menjadi pasangannya. Tapi, adapula para wanita yang memutuskan untuk bertukar cokelat hanya dengan sahabat-sahabat wanitanya saja.

Tahukah kamu ada 5 tradisi di Hari Valentine yang terbilang unik di negara-negara lain? Berikut kelima tradisi unik di hari Valentine itu:

1. Finlandia

Oddee

Oddee

Hari Valentine di Finlandia disebut sebagai “Ystävänpäivä”, yang artinya hari untuk teman. Finlandia memaknai hari Valentine berbeda dengan negara di dunia pada umumnya, yang sibuk merayakan hari Valentine bersama kekasih dengan hal-hal romantis. Di hari Valentine, orang-orang Finlandia akan saling bertukar kartu ucapan dan kado kepada sahabat terdekatnya.

2. Inggris

Oddee

Oddee

Ada sebuah tradisi unik yang dilakukan oleh para wanita Inggris pada malam Valentine. Yaitu, para wanita harus menyematkan daun Bay (Bay Leaves) di ujung-ujung bantalnya, dan mereka harus makan telur tanpa memakan bagian kuningnya. Dengan melakukan kedua hal itu, mereka percaya akan memimpikan suami masa depannya.

Selain itu, wanita juga harus menuliskan nama-nama orang yang ditaksir pada sebuah kertas dan diletakkan pada sebuah bola yang terbuat dari tanah liat, kemudian akan dijatuhkan ke dalam air. Mereka percaya, entah nama siapa yang akan muncul pertama kali, maka pria itulah yang akan menjadi suami masa depannya. Akan tetapi, sebagian besar dari tradisi unik ini hanya menjadi kisah rakyat di zaman modern ini, dan hanya beberapa saja yang masih terus mempraktikkannya.

3. Slovenia

Oddee

Oddee

Sebenarnya perayaan hari kasih sayang di Slovenia, dirayakan pada 12 Maret, sebagai Hari Saint Gregory. Sedangkan asal usul Valentine bagi orang Slovenia sendiri, bermula dari kisah orang suci musim semi yang terkenal di Slovenia, yaitu St. Valentine.

Pasalnya, menurut St. Valentine, pada musim semi itulah tanaman dan bunga-bunga mulai tumbuh dan berkembang, dan hari itu menandakan hari pertama di tahun tersebut untuk memulai pekerjaan di kebun anggur dan ladang. Dan tepat pada tanggal 14 Februari itulah, St.Valentine membawa kunci kepada semua akar tanaman, yang artinya alam mulai terbangun pada musim itu.

4. Jepang

Valentine di Jepang

Tradisi saat merayakan hari Valentine di Jepang juga berbeda. Memang, wanita yang harus memberikan cokelat pada pria, tapi kalau di Jepang, jenis cokelatnya harus dibedakan antara rekan kerja, bos, teman dekat, kekasih, ataupun suami.

Misalnya, untuk teman dekat pria, bos, rekan kerja, kolega, para wanita Jepang harus memberikan cokelat Giri-Choko. Sedangkan untuk kekasih, orang yang ditaksir, ataupun suami, cokelat Honmei-choko yang harus diberikan. Dan para pria harus membalas pemberian cokelat tersebut pada 14 Maret, di White Day.

5. Korea Selatan

Oddee

Oddee

Tidak jauh berbeda dengan Jepang, di Korea Selatan, para wanitanya juga akan memberikan cokelat pada pria di hari Valentine tersebut, kemudian pria akan membalasnya pada perayaan White Day yang jatuh pada tanggal 14 Maret. Akan tetapi, mereka yang tidak menerima kiriman cokelat di kedua hari perayaan tersebut, harus pergi ke restoran China dan makan mie hitam (Black Noodles), dan meratapi kalau mereka jomblo.

Itulah kelima tradisi unik yang menghiasi hari Valentine di berbagai negara, yang diperingati setiap tanggal 14 Februari. Apa tradisi Valentine kamu dan pacarmu?

(yk)

Oddee