CiriCara: Cara Memblokir Panggilan Telepon pada BlackBerry

by
February 11th, 2013 at 11:49 am

rdsCiriCara.com – Mendapat panggilan telepon dari orang yang tidak kita inginkan memang mengesalkan, apalagi tujuannya mengganggu. Bagi pengguna ponsel BlackBerry yang kesal dengan masalah ini, Anda bisa melakukan pencegahan yakni dengan menggunakan aplikasi khusus memblokir panggilan telepon masuk.

Berikut ini adalah cara memblokir panggilan telepon pada BlackBerry:

Menggunakan Block List

imgdsages

1. Pertama, untuk melihat Block List, buka Address Book pada BlackBerry Anda. Aplikasi ini terdapat di dalam menu awal BlackBerry. Selanjutnya untuk masuk ke dalam Block List tekan menu BlackBerry, dalam menu pilih Manage Numbers lalu pilih Blacklist.

2. Selanjutnya untuk memblokir sebuah kontak BlackBerry, kembali lagi ke Address Book lalu pilih nomor yang hendak Anda blokir, bila nomor tersebut belum tersimpan sebagai kontak Anda bisa masuk ke Recent contacts dan pilih nomor tersebut dan simpan dalam Block List dengan menekan save di menu.

3. Anda bisa memodifikasi daftar ini dengan masuk ke Block List (langkah 1).

Menggunakan CallsBlocker

callblocker1

1. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan hadir dengan berbagai fungsi yang mudah diakses. Untuk menggunakan aplikasi ini, pertama unduh aplikasi ini di BlackBerry App World.

2. Jalankan aplikasi ini, lalu Anda akan dihadapkan dengan beberapa pilihan fungsi sebagai berikut:

  • Enter number to be blocked

Di sini Anda bisa memasukkan nomor yang ingin anda blokir, memasukkan nomor dari daftar kontak, atau dari daftar panggilan telepon.

  • Block numbers starting with

Pada pilihan ini Anda dapat memblokir banyak nomor telepon yang berawalan angka sama, biasanya dari perusahaan mengiklankan produknya dengan nomor angka sama tapi hanya akhirannya berbeda. Pilihan ini juga dapat memblokir nomor-nomor dari kode area tertentu.

  • Block private numbers

Pilihan ini adalah untuk memblokir panggilan yang tidak menampilkan nomor penelepon alias private number.

  • Block Unknown numbers

Pilihan ini dapat digunakan untuk memblokir nomor-nomor yang tidak terdaftar dalam kontak BlackBerry. Namun Anda harus hati-hati menggunakan pilihan ini sebab bisa jadi nomor tidak dikenal ini adalah teman anda yang habis ganti nomor atau telepon penting dan darurat.

  • Block withheld numbers

Pilihan ini digunakan untuk memblkir nomor-nomor penelepon yang identitasnya tidak ingin diketahui.

2. Setelah melihat pilihan fungsi yang ditawarkan, Anda bisa memilih pilihan pemblokiran yang paling sesuai untuk Anda dan Anda tidak akan menerima lagi telepon-telepon yang mengganggu.

Menggunakan Firewall

hgchg

1. Metode ini pada dasarnya memanfaatkan fasilitas yang diberikan BlackBerry untuk pengguna kelas bisnis, di mana metode ini memanfaatakan server BlackBerry untuk memblokir nomor tertentu untuk menghubungi nomor yang lain.

2. Pertama buat kebijakan IT baru di server Anda, setelah itu edit kebijakan grup Firewall, dan pilih Restrict Incoming Cellular Calls.

3. Sekarang, masukan nomor-nomor yang hendak Anda blokir diikuti dengan huruf (r) dan tanda semicolon atau tanda (;).

Menggunakan Call Barring

PATTLNK_8252005_1857-Phone_Options_Call_Barring_HHSWv4x

1. Fasilitas ini dapat digunakan untuk memblokir seluruh panggilan telepon yang masuk pada waktu tertentu atau dalam suatu interval waktu. Untuk mengaktifkan fasilitas ini bukalah menu pada BlackBerry Anda dan pilihlah Option, lalu dalam Option pilih Call Barring dan di dalamnya Anda bisa memilih untuk memblokir semua panggilan telepon atau hanya panggilan saat roaming.

Apapun pilihan fasilitas yang pilih untuk memblokir panggilan telepon masuk. Kini Anda bisa bebas dari panggilan-panggilan telepon yang tidak Anda kehendaki. Namun Anda tetap harus hati-hati karena tidak semua nomor asing itu mengganggu, bisa jadi itu merupakan panggilan telepon yang penting, selamat mencoba. (LH)