CiriCara: Cara Pilih dan Pasang RAM Pada PC

by
February 11th, 2013 at 11:16 am

cara-memasang-ramCiriCara.com – Salah satu cara menambah kecepatan pada Personal Computer (PC) adalah dengan menambah kapasitas RAM atau lazim disebut upgrade RAM. Umumnya untuk upgrade RAM, kita membawa unit komputer kita jauh-jauh ke toko komputer atau ke tempat servis komputer yang tentu saja kurang praktis.

Tetapi apabila Anda memutuskan untuk melakukannya sendiri, caranya cukup mudah. Berikut  adalah cara pilih dan pasang RAM pada PC:

1. Periksa jenis RAM

550px-Install-RAM-Step-1

Identifikasi jenis RAM yang dibutuhkan komputer Anda, dengan lebih dulu memutuskan semua sambungan listrik pada komputer Anda, lalu buka casing, dan mencabut RAM (Langkah 4). Pada keping RAM umumnya ada label yang menunjukkan jenis RAM misal DDR I, DDR II, atau DDR III. Lalu perhatikan juga tipe PC misal PC2700 atau PC3300, serta tidak lupa kecepatan RAM semisal 1 GB, 2 GB, dst. Penting juga untuk tahu berapa jumlah port RAM yang tersedia apabila Anda ingin membeli lebih dari satu keping.

2. Pilih merek RAM

550px-Install-RAM-Step-2

Untuk membeli keping RAM, Anda bisa melakukannya online atau dengan datang langsung ke toko komputer. Pastikan bila Anda membeli secara online, RAM tersebut dapat dikembalikan bila salah tipe atau cacat produksi. Bila Anda membeli langsung di toko, Anda bisa membawa keping RAM Anda yang lama dan menunjukkannya pada pramuniaga untuk mencarikan RAM yang sesuai dengan komputer Anda. Pilih merek RAM yang sesuai dengan kualitas dan dana Anda, pastikan garansi ada dan mudah untuk diklaim.

3. Membongkar unit komputer

550px-Install-RAM-Step-4

Sebelum kita membongkar komputer, pastikan semua kabel listrik yang terhubung pada komputer tercabut. Sekarang, Anda bisa membuka casing samping dengan melepas baut-baut yang berkaitan. Setelah terbuka, rebahkan unit komputer Anda untuk memudahkan proses pemasangan. Pastikan tubuh, tangan, dan alat-alat Anda tidak basah atau mengandung listrik statis, karena hal ini dapat merusak onderdil komputer Anda.

4. Perhatikan slot RAM

550px-Install-RAM-Step-6

Slot RAM biasanya terletak pada bagian atas kanan pada motherboard, umumnya motherboard memiliki 2 sampai 4 slot RAM. RAM ini tertancap pada motherboard, ukuran keping RAM adalah sekitar 4 cm x 15 cm. Bila masih ada slot kosong, Anda tidak perlu mencabut RAM, cukup pasangkan saja RAM yang baru pada slot yang kosong. Sebelumnya, bila ada kertas atau buku manual yang terdapat di dalam kotak pembelian RAM, bacalah terlebih dahulu, mungkin tercantum hal lain yang harus diperhatikan dalam memasang RAM yang baru saja Anda beli.

5. Memasang dan Mencabut RAM

550px-Install-RAM-Step-11

Biasanya beberapa motherboard kini memiliki kuncian agar RAM terikat erat pada motherboard, pastikan membuka kunci tersebut terlebih dahulu sebelum mencabut RAM. Pegang sudut keping RAM untuk mencabutnya, jangan sentuh chip atau permukaan konektor.

Hal yang sama pun diberlakukan pada saat memasang RAM, namun sesungguhnya Anda tidak akan bisa salah pasang RAM karena posisi pemasangan RAM sudah pasti. Bila posisi terbalik, keping tersebut tidak akan bisa masuk ke dalam slot pada motherboard. Maka bila terasa susah masuk, berarti RAM tersebut salah posisi. Setelah menemukan posisi yang tepat, tempelkan RAM pada bibir slot lalu tekan pelan ke dalam slot. Pastikan RAM masuk dengan sempurna dan semua kuncian sudah rapat mengikat RAM.

6. Memeriksa keberhasilan proses pemasangan

550px-Install-RAM-Step-13

Setelah RAM rapi terpasang, bersihkan secara ringan seluruh bagian motherboard dari debu dengan kuas yang sangat lembut atau kompresor angin kalengan, pasang semua yang tadi Anda bongkar, termasuk casing, baut, sambungan listrik, dan kabel-kabel kelengkapan yang lainnya. Nyalakan komputer dan akan muncul pesan bahwa ada RAM baru telah terpasang beserta kapasitasnya. Kadang komputer menghitung RAM dengan spesifik, hingga kapasitas yang tampil kadang sedikit berbeda dengan yang kita beli, semisal 2 GB, mungkin akan terhitung hanya 1.99 GB atau bisa lebih.

7. Tes dengan aplikasi

Windows_7

Buka dan tutuplah aplikasi yang biasa Anda gunakan, bila terasa prosesnya lebih cepat maka upgrade Anda sukses. Bila tidak lebih cepat atau malah melambat, pasti ada yang salah dengan RAM tersebut atau Anda memasang terlalu banyak keping RAM.

8. Periksa ulang terakhir kali

550px-Install-RAM-Step-15

Terakhir, sebelum Anda gunakan komputer Anda dengan RAM baru , periksa RAM yang terpasang dari menu pengaturan sistem. Hal ini dapat dilakukan dengan menekan tombol Windows pada papan ketik bersamaan dengan tombol Pause/Break yang biasanya terletak di atas kanan keyboard. Menu sistem akan terbuka dan menunjukan kapasitas RAM yang terpasang.

Mudah bukan? Daripada Anda repot membawa unit CPU besar Anda ke toko komputer dengan risiko jatuh, pasang sendiri RAM Anda dengan mengikuti cara pilih dan pasang RAM pada PC ini. Semoga berhasil. (LH)

Comment di sini