CiriCara: Cara Tepat Membersihkan Layar Sentuh Gadget

by
February 11th, 2013 at 1:28 pm

3_Grey_Privacy_SM_Step1_CleanScreenCiriCara.com – Sekarang memang sedang zamannya layar sentuh atau biasa disebut touchscreen. perangkat elektronik seperti ponsel, pemutar mp3, tablet, bahkan monitor komputer pun sudah menggunakan fitur ini. Pengoperasian menggunakan fasilitas ini terasa mudah dan ringan karena tidak perlu menekan dengan keras.

Namun karena hampir seluruh fungsi dikomandokan lewat layar, maka membuat pengguna harus menyentuh layar setiap waktu dan tentu saja layar bisa menjadi kotor. Berikit ini adalah cara tepat membersihkan layar sentuh gadget.

1. Siapkan alat-alat yang dibutuhkan seperti kain berserat kecil, kain yang bertekstur lembut, dan air suling atau cairan khusus pembersih layar sentuh. Jenis kain ini biasanya bisa Anda dapat di toko kacamata atau bila Anda punya Anda bisa memakai kain khusus lap kacamata.

550px-TakeMicrofiber-Step-1

2. Selanjutnya, matikan perangkat Anda terlebih dahulu, selain lebih aman, kotoran akan lebih mudah terlihat pada saat layar mati.

300px-Clean-Apple-Screen-Intro

3. Dengan kain kacamata yang kering gosoklah seluruh permukaan layar sentuh dengan gerakan memutar kecil-kecil. Lalu lanjutkan dengan membasahi kain katun lembut dengan cairan pembersih sedikit saja dan ulangi gerakan gosok memutar seperti menggunakan kain kering tadi.

550px-GiveScreen-Step-2550px-OnlyIfNeeded-Step-3

4. Terakhir, gosok lagi seluruh permukaan dengan kain kacamata yang kering pelan-pelan dan jika masih ada bagian yang terlihat basah biarkan saja kering dengan sendirinya.550px-GiveScreen-Step-2

Dalam membersihkan layar ada beberapa hal yang tidak disarankan seperti di bawah ini:

1. Menyemprotkan cairan pembersih langsung ke layar tidak disarankan karena ada kemungkinan air akan mengalir menuju lubang ke dalam perangkat yang tentunya akan merusak perangkat Anda.

2. Jangan gunakan sembarang kain atau kertas tisu sebab kertas tisu berbahan dasar serat kayu yang tentunya akan menggores lapisan layar sentuh.

3. Menggunakan cairan pembersih mengandung asam tidak disarankan karena akan merusak lapisan layar sentuh.

4. Jangan menggosok atau menekan terlalu keras saat membersihkan layar sentuh.

Sehabis membersihkan layar tidak ada salahnya bila kita juga membersihkan kain-kain yang kita pakai tadi agar menjadi nyaman bila digunakan lagi nantinya. Rendam dan kucek ringan dalam air sabun, bilas lalu jemur. Ingat, kain jenis ini jangan diperas karena akan rusak.

Setelah layar Anda kembali kinclong, untuk melindunginya, Anda bisa membeli tutup pelindung untuk mencegah kotoran dan juga menghindari baret. Untuk lebih aman, Anda juga dapat membeli screenguard atau lapisan pelindung layar. (LH)

Comment di sini