Foto+Video: Mesin Canggih Pembuat Jalan Instan

by
February 11th, 2013 at 9:48 am

CiriCara.com – Pekerjaan membuat jalan tentu menjadi proyek besar yang akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga, ditambah lagi harus melibatkan banyak pekerja untuk menyelesaikan pembangunan satu jalan saja.

Tapi, di zaman yang serba instan ini, seorang penemu asal Belanda yang bernama Henk van Kuijk, berhasil menemukan sebuah mesin untuk membuat jalan secara instan. Henk adalah seorang direktur dari perusahaan industri Belanda, Vanku.

Mesin tersebut diberi nama Tiger-Stone. Dengan menggunakan mesin ini, para pekerja hanya tinggal memasukkan batu bata, ataupun batu-batu konblok sebagai bahan pembuat jalannya, sambil ditata sesuai dengan pola yang diinginkan.

Kemudian, mesin yang dirancang dengan menggunakan sistem berbasis gravitasi ini, akan merekatkan batu-batu tersebut dan dikeluarkan seperti karpet.

Setelah batu konblok tersebut diletakan di atas permukaan tanah, maka pekerja yang lain tinggal melintasi jalan tersebut dengan kendaraan berat yang bertujuan untuk merekatkan dan memadatkan struktur jalan raya baru tersebut.

Mesin ini sangat bermafaat untuk meringankan pekerjaan dan menghemat waktu dalam pengerjaan proyek pembuatan jalan, sebab menurut Henk, bekerja sambil berlutut dan membuat jalan raya dengan tangan manusia adalah pekerjaan yang terlalu berat untuk dilakukan.

Akhir-akhir ini memang jarang terlihat pembuatan jalan dengan menggunakan batu konblok, karena dirasa kurang efisien dan terlalu banyak menghabiskan waktu. Sehingga, banyak perusahaan pengembang membuat jalanan dengan menggunakan beton ataupun aspal.

Tapi, dengan adanya alat temuan baru ini, membuat jalan raya dari konblok hanya seperti meletakkan sebuah karpet besar.

Dilansir dari Dailymail.co.uk, mesin Tiger-Stone ini mampu membuat 400 meter persegi jalanan setiap harinya, dibandingkan dengan mengandalkan tenaga manusia, umumnya pembuatan jalan hanya mencapai 75 hingga 100 meter persegi setiap harinya.

Berikut beberapa foto cara mesin Tiger-Stone bekerja

Tiger-Stone/Exclusivepix

Tiger-Stone/Exclusivepix

Tiger-Stone/Exclusivepix

Tiger-Stone/Exclusivepix

Tiger-Stone/Exclusivepix

Tiger-Stone/Exclusivepix

Tiger-Stone/Exclusivepix

Tiger-Stone/Exclusivepix

Dan ini videonya:

(yk)

Daily Mail

Comment di sini