CiriCara : Cara Ampuh Menghemat Baterai Smartphone

by
February 12th, 2013 at 10:22 am

cara hemat bateraiCiriCara.com - Saat ini, berbagai macam ponsel pintar atau smartphone di pasaran yang telah didukung baterai  berkapasitas cukup besar. Namun, bukan berarti risiko kehabisan baterai  saat kita berada di tengah jalan hilang begitu saja. Semakin banyak fungsi smartphone yang digunakan, maka semakin cepat pula kehabisan baterai.

Memang saat-saat yang paling menyebalkan adalah saat kita kehabisan baterai ketika tengah menjalani aktivitas, apalagi jika kita lupa membawa penambah daya. Untuk menghemat baterai smartphone, lakukan cara-cara di bawah ini:

1. Meredupkan layar

Kecerahan layar juga memiliki pengaruh untuk menghemat baterai, sebab semakin cerah layar maka semakin cepat pula baterai akan habis. Untuk itulah Anda lebih baik meredupkan kecerahan dan mematikan layar pada saat tidak digunakan.

2. Gunakan aplikasi seperlunya

Biasanya, kita sering menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, padahal tidak semuanya digunakan. Aplikasi yang berjalan membutuhkan daya baterai lebih banyak, semakin banyak aplikasi yang berjalan semakin cepat pula kita kehabisan daya baterai.

3. Nonaktifkan sinyal radio, Bluetooth, dan WiFi

Mungkin Anda pernah kehilangan sinyal ketika berada di daerah tertentu di mana menara pemancar sinyal jauh dari tempat Anda berada. Jika sinyal ke smartphone melemah atau bahkan hilang, biasanya sistem smartphone berusaha untuk mencari sinyal terus. Hal itu malah dapat menyebabkan baterai cepat habis karena melakukan kinerja terus menerus untuk mencari sinyal.

Untuk itu, ada baiknya Anda mematikan sinyal radio bila memang smartphone kesulitan untuk mencari sinyal. Selain itu, Anda bisa juga mematikan sinyal Bluetooth dan WiFi jika tidak sedang digunakan. Sebab, sinyal-sinyal yang sedang akfit tersebut malah menyedot arus listrik lebih banyak.

4. Nonaktifkan fitur getar

Memang fitur getar bisa membantu kita untuk mengetahui apabila ada pesan yang masuk atau panggilan telepon pada smartphone di saat kita sedang mengikuti rapat, berkendara, ataupun tempat yang mengharuskan ponsel dalam keadaan “diam”.

Namun, keadaan dimana smartphone bergetar pada saat panggilan atau pesan masuk malah membuat baterai lebih cepat habis daripada menggunakan nada dering biasanya. Untuk itu, mematikan fitur getar dapat membuat jangka waktu hidup baterai lebih lama.

5. Aktifkan mode penerbangan

Anda tidak perlu repot-repot menonaktifkan satu persatu sinyal WiFi, Bluetooth, GSM bahkan sinyal radio.Dengan mengaktifkan mode penerbangan, Anda sudah dapat mematikan semua sinyal yang ada di smartphone Anda dengan sekali tekan saja. Dengan demikian, baterai smartphone akan bisa lebih dihemat.

6. Minimalkan akses multimedia

Tahan keingingan Anda untuk menonton video atau mendengarkan musik lewat smartphone. Akses multimedia semakin mempercepat habisnya daya baterai. Apalagi jika Anda menonton video atau mendengarkan musik di internet melalui layanan streaming.

Itulah keenam cara menghemat baterai smartphone. Semoga berhasil! Untuk melihat cara menghemat baterai tablet, klik tautan ini.

(CT)

Comment di sini