CiriCara: Cara Membuat CV yang Benar

by

cara membuat CVCiriCara.com – CV (Curriculum Vitae) merupakan suatu berkas yang sangat penting dimiliki seseorang yang hendak melamar pekerjaan. Agar cepat dipanggil wawancara kerja, Anda harus membuat CV yang benar dan menarik perhatian pewawancara. Namun sayangnya, masih banya orang yang menganggap remeh surat lamaran kerja dan mengharapkan ‘rezeki’ pasti datang kepadanya.

CV merupakan langkah awal dan sangat berperan penting untuk mendapatkan pekerjaan. Untuk itu, Anda harus membuat CV yang benar. Hindari kesalahan-kesalahan dalam membuat CV karena akan memperkecil peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan.

Dilansir Wolipop.Detik.com, berikut cara membuat CV yang benar agar dipanggil wawancara kerja:

1. Memberikan informasi yang benar

CV merupakan biodata diri dan pengalaman bekerja Anda. Mulai dari data diri, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan prestasi yang pernah diraih perlu Anda cantumkan. Namun, informasi tersebut harus nyata dan benar, tanpa direkayasa sedikitpun.

2. CV harus lengkap dan padat

wawancara kerja

Dalam CV, Anda harus mencantumkan nama, alamat, status pernikahan, kemampuan-kemampuan, latar belakang pendidikan, dan informasi tambahan lainnya yang sekiranya bisa menunjang profil Anda di mata staf personalia. Misalnya, pernah mengikuti pelatihan, kursus, atau organisasi. Semua hal tersebut bisa dicantumkan dengan singkat dan padat, namun tetap menjual diri Anda. Jangan bertele-tele, yang terpenting adalah menarik untuk dibaca.

3. CV mudah dibaca

Pastikan semua surat lamaran kerja dan CV itu terorganisir dan mudah dibaca. Anda bisa menggunakan font tulisan agak besar agar HRD nyaman dan jelas membacanya. Di setiap paragraf, jangan terlalu panjang dan bertele-tele. Selain itu, pastikan Anda menulis kalimat yang baik dan tidak diulang-ulang.

4. Mencantumkan informasi yang mendukung

Anda perlu mencantumkan pengalaman kerja atau kemmapuan yang sesuai dengan bidang pekerjaan. Misalnya, Anda pernah mengikuti pelatihan jurnalistik atau fotografi. Cantumkan hal tersbut jika ingin melamar di perusahaan media. Selain itu, Anda juga bisa mencantumkan prestasi lain yang pernah didapat.

5. Maksimum dua halaman

Membuat CV maksimum hanya dua halaman dan itu sudah mencakup semua informasi inti tentang Anda. Ketahuilah bahwa hanya orang profesional atau orang yang sudah pernah memegang jabatan tinggi saja yang membuat CV hingga tiga lembar.

6. Teliti sebelum mengirim

Sebelum mengirimkan CV dan surat lamaran, Anda harus periksa terlebih dahulu surat lamaran dan CV. Jangan sampai ada yang salah ketik atau tulis. Jika melamar pekerjaan melalui email atau situs lowongan kerja, maka Anda perlu memeriksa ulang data-data di dalamnya.

Itulah cara membuat CV yang benar. Selain itu, jika mengirim surat lamaran melalui email, maka pastikan juga subjek yang dicantumkan jelas. Misalnya, CV marketing atau calon reporter. CV yang benar dan menarik perhatian staf personalia sangat penting dibuat jika Anda ingin segera dipanggil untuk wawancara kerja. (NR)


comments powered by Disqus