CiriCara: Ciri-ciri Hewan Peliharaan yang Mengalami Stres

by
February 12th, 2013 at 4:55 pm

kucing dan anjingCiriCara.com – Bukan hanya manusia saja yang bisa mengalami stres. Hewan peliharaan, seperti kucing dan anjing juga bisa mengalami stres. Untuk menunjukkan stres yang dirasa, mereka akan bertingkah laku yang tidak biasa.

Sebagai pemilik, Anda tentunya harus peka pada apa yang dirasa oleh hewan kesayangan. Untuk itu, Anda harus mengetahui ciri-ciri hewan peliharaan yang mengalami stres berikut ini yang dicuplik dari Sheknows.com:

Stres pada kucing

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia. Hewan peliharaan yang satu ini nampak seperti hewan peliharaan yang sok cuek. Namun, ketahuilah kalau hewan tersebut juga bisa mengalami stres. Stres yang dialami kucing biasanya disebabkan karena perpindahan rumah atau adanya binatang peliharaan yang baru.

Lalu, apakah kucing di rumah Anda mengalami stres? Untuk mengetahuinya Anda bisa menyimak ciri-ciri berikut ini:

1. Agresif pada manusia atau hewan lain

2. Bersembunyi

3. Nafsu makan menurun

4. Buang air kecil sembarangan

kucing dan anjing mengalami stres

Jika si kucing menunjukkan ciri-ciri tersebut, maka bisa dipastikan mengalami stres. Untuk mengatasinya, Anda bisa memberikannya mainan saat ditinggal pergi atau meluangkan waktu untuk bermain bersama kucing setiap hari. Dengan begitu, stres yang dirasakan oleh kucing lama-kelamaan akan hilang.

Stres pada anjing

Selain kucing, anjing juga bisa mengalami stres. penyebabnya adalah karena berpisah dengan majikannya, mendengar suara yang terlalu berisik, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan lingkungan sekitar. Jika anjing Anda sedang mengalami stres, maka akan menunjukkan ciri-ciri berikut ini:

1. Kecelakaan

2. Menggonggong berlebihan

3. Menggigit atau mengunyah furnitur

4. Menjadi agresif

5. Muntah atau diare

Untuk mengatasinya, Anda bisa memperlakukan hal yang sama seperti kucing. Saat ditinggal pergi, Anda bisa memberikannya mainan. Sedangkan jika Anda berada di rumah, maka luangkanlah waktu untuk bisa bermain bersamanya. Anda harus sebisa mungkin membuat anjing kembali aktif dan bersemangat lagi. Ketahuilah bahwa anjing bisa selamanya meninggalkan Anda jika stres yang dialami berlanjut dan tidak segera diatasi.

Itulah ciri hewan peliharaan yang mengalami stres. Jika si anjing atau kucing mengalami stres, maka sebaiknya Anda jangan ikutan stres. Anda harus tetap mengajaknya bermain dan membuat bahagia hewan kesayangan. (NR)

Comment di sini