Foto: Petir Sambar Basilika Setelah Paus Mengundurkan Diri

by
February 12th, 2013 at 10:11 am

CiriCara.com – Berita mengejutkan datang dari Vatikan, Roma. Paus Benedict XVI dikabarkan akan mundur dari jabatannya sebagai pemimpin umat Katolik di Roma, pada tanggal 28 Februari 2013 mendatang.

Kabar ini disampaikan oleh juru bicara Vatikan, Pastor Federico Lombardi. Namun, alasan jelas atas pengunduran diri Paus ke-265 ini tidak disebutkan secara gamblang, hanya saja beberapa media massa mengatakan bahwa Paus mengundurkan diri karena faktor usia dan kesehatan yang tidak memungkinkannya untuk terus menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai Paus.

AFP

AFP

Kabar pengunduran diri itu ibarat sambaran petir bagi warga Vatikan, khususnya umat Katolik, bahkan seluruh penduduk dunia.

Pasalnya, kasus pengunduran diri ini adalah yang pertama kali terjadi di sepanjang kepemimpinan Paus di era modern ini. Hampir 600 tahun berlalu semenjak Paus Gregorius XII mengundurkan diri pada tahun 1415 silam. Dialah Paus terakhir yang tercatat mundur dari jabatannya sebagai Paus pada zaman dahulu.

Dilansir dari Yahoo.com, Paus Benedict XVI yang mulai menjabat pada 19 April 2005 ini, mengumumkan sendiri tentang keputusannya itu pada sebuah acara suci di gereja.

Kabarnya, setelah Paus Benedict XVI mengundurkan diri, dia akan dibawa ke Castel Gandolfo, tempat peristirahatan tidak jauh dari Roma.

Uniknya, setelah berita pengunduran diri Paus diumumkan secara resmi di depan publik oleh juru bicara Vatikan, cuaca di Vatikan pada hari itu sangat mengerikan, dan di hari yang sama dengan berita pengunduran diri Paus, petir pun saling menyambar di langit Vatikan.

Apakah keputusan Paus Benedict XVI itu sudah ditakdirkan?

Rupanya, terlihat ada petir yang seperti menyambar Basilika St. Peter, tempat paling suci bagi umat Katolik. Peristiwa itu berhasil diabadikan oleh seorang fotografer yang bernama Filippo Monteforte. Filippo adalah fotografer yang bekerja untuk kantor berita Italia, ANSA.

Foto yang menunjukkan bahwa petir menyambar lurus ke atas Basilika St. Peter itu, dipublikasikan oleh Agence France-Presse.

Banyak orang yang masih meragukan keabsahan foto tersebut. Tetapi, fotografer Fairfax Media, Nick Moir mengatakan meski tidak ada cara untuk memastikan kapan foto tersebut diambil, foto petir yang menyambar kubah Basilika St. Peter itu memang terlihat asli.

(yk)

Comment di sini