Tips Menggunakan Smartphone Android untuk Pemula

by
February 12th, 2013 at 10:47 am

Smartphone-AndroidCiriCara.com – Google biasanya akan menghadirkan beragam fitur baru yang semakin memanjakan para penggunanya pada setiap versi terbarunya. Namun, tidak semua fitur tersebut telah diinformasikan dengan jelas dan mendetail oleh Google sendiri.

Untuk itu, Anda harus mengerti cara untuk mengoperasikan sistem operasi dari Google agar dapat menggunakannya secara optimal. Berikut ini ada beberapa tips untuk mengoperasikan sistem operasi Android yang terdapat pada sistem Android 4.0 atau Ice Cream Sandwich, dengan catatan kemungkinan tidak semua fitur dapat berjalan dengan lancar pada versi Android sebelumnya.

1. Akses kontak dengan cepat

Anda tidak perlu mencari satu persatu nama orang atau mengetik ulang nama orang yang berada di kontak Anda. Namun, disini ada cara cepatnya yaitu dengan menggunakan widget contact.

Melalui widget contact tersebut, Anda dapat meletakkan foto orang di layar Home dan ketika foto ditekan, maka aka nada pilihan yang muncul seperti menelepon dan mengirimkan pesan teks kepada orang tersebut. Untuk dapat menggunakannya, Anda dapat menuju menu All Apps, Widgets, lalu pilih Widget Contact dan Anda mulai diizinkan untuk memilih sebuah kontak dari daftar yang ada.

2. Widget Power Control

Anda dapat lebih menghemat baterai jika menggunakan widget ini karena dengan widget ini, Anda dapat menyalakan atau mematikan fungsi Bluetooth, GPS, WiFi, ataupun automatic synchronization dengan media sosial seperti Facebook dan Twitter. Selain itu, widget tersebut dapat mengatur tingkat kecerahan layar.

3. Kemudahan menggunakan keyboard

Dengan menekan tombol “?123” yang letaknya berada di paling bawah dan di samping tombol titik (.), maka Anda dapat berpindah dari mode huruf ke mode angka. Namun, ada juga yang merasa lebih lambat jika menggunakan cara itu. Maka, tidak ada salahnya Anda mencoba dengan menahan tombol “Q”,”W”,”E”,”A”,”S”,”D”,”Z”,”X”,”C” dan seterunya dalam beberapa detik hingga angka 1,2,3, dan seterusnya muncul.

Biasanya orang akan sulit terbiasa dan merasa kurang nyaman jika mengetik menggunakan keyboard virtual yang terdapat pada layar sentuh penuh setelah beralih keyboard fisik. Namun, Anda patut mencoba fitur Swype. Fitur tersebut dapat memudahkan pengguna mengetik huruf tanpa mengangkat jari dari tombol melainkan hanya menggesernya saja. Cara tersebut dijamin lebih akurat daripada cara-cara sebelumnya.

android

Anda masih belum tahu apakah fitur Swype yang berada di ponsel Android Anda aktif atau tidak? Cara mengetesnya adalah coba ketik beberapa kata, bila tidak muncul garis yang nampak pada huruf-huruf yang diinginkan berarti fitur tersebut masih tidak aktif.

Lalu bagaimana cara mengaktifkannya? Anda dapat menahan tombol “Space Bar” selama beberapa saat dan Anda tinggal memilih menu “Select input Method” kemudian pilih “Swype”.

4. Screenshot

Untuk dapat mengambil gambar dengan tampilan objek yang cepat, Anda tidak membutuhkan aplikasi tambahan. Sebab, dengan menekan dan tahan tombol Home lalu tekan tombol “volume down”, maka secara otomatis sistem akan mengambil screenshot dari objek yang diinginkan. Anda pun dapat melihat hasil screenshot Anda di folder Gallery. Namun, hanya Android versi Ice Cream ke ataslah yang menyediakan fitur tersebut.

Beberapa perangkat Android lain menyediakan fitur screenshot yang berbeda, seperti memencet tombol on/off dan Home secara bersamaan di HTC Desire HD bersistem Android Gingerbread.

5. Buka kunci dengan wajah

Pada umumnya, para pengguna harus menggunakan PIN, password, atau bahkan harus membuat pola terlebih dahulu jika ingin membuka halaman Home yang terdapat pada perangkat Android. Namun, kini Anda dapat masuk ke halaman Home dengan menggunakan wajah sebagai kode pembuka halaman tersebut. Fitur tersebut memang baru ditambahkan oleh Google sendiri sebagai fitur keamanan yang baru.

Namun, kelemahan dari fitur tersebut adalah hanya sebagian ponsel dengan sistem operasi Android yang memiliki kamera depanlah yang dapat menggunakan fitur tersebut. Jadi, untuk ponsel Android yang tidak memiliki kamera depan tidak dapat menggunakan fitur yang bernama “FaceUnclock” tersebut.

Untuk Anda yang memiliki ponsel Android dan dilengkapi dengan kamera depan, Anda dapat mengaktifkan fitur tersebut melalui menu Setting->Security->Screen Lock, lalu yang terakhir Anda pilih Face Unclock.

Ponsel dengan sistem operasi Android ternyata tidak seperti yang kita bayangkan, banyak hal yang dapat kita temukan melalui ponsel Android. Ingin mencobanya? Buktikan sendiri! (CT)

Comment di sini