Apa Arti Cum Laude?

by
February 13th, 2013 at 5:04 pm

predikat cum laudeCiriCara.comAnnisa Larasati Pohan, wanita cantik yang merupakan menantu dari orang nomor satu di Indonesia ini baru saja menyelesaikan S2-nya di Universitas Indonesia (UI), Depok. Hanya dalam waktu 1,5 tahun, putri mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia, Aulia Pohan ini berhasil mendapatkan gelar Magister Manajemen.

Suatu hal yang membuat bangga dirinya adalah mendapatkan nilai yang sangat memuaskan. Wanita kelahiran Boston, Amerika Serikat ini mendapatkan predikat cum laude dengan IPK nyaris sempurna yaitu 3,98 (skala 4,0). Dirinya mengaku bahwa tidak menyangka mendapatkan IPK yang nyaris sempurna itu karena kesibukannya sebagai ibu rumah tangga.

Tidak banyak orang yang bisa mendapatkan IPK sempurna seperti itu karena butuh usaha yang sangat tinggi untuk menggapainya. Lalu, apa sebenarnya arti cum laude itu?

Cum laude merupakan gelar kehormatan yang diberikan kepada pelajar sarjana dan pascasarjana yang meraih pencapaian akademik yang berbeda. Gelar kehormatan itu biasanya akan tertera di dalam ijazah. Namun, pada umumnya perguruan tinggi yang memberikan gelar tersebut memiliki aturan yang jelas mengenai persyaratan untuk mendapatkan gelar kehormatan bersangkutan, entah itu nilai minimun, tesis tertulis, dan persyaratan lainnya.

Penggunaan gelar kehormatan latin ini tidak begitu umum untuk tingkat sarjana, walaupun dipakai di Indonesia, Filipina, Amerika Serikat, dan negara lainnya. Namun, penggunaan dalam tingkat pascasarjana lebih umum di dunia.

Mahasiswa sarjana dan pascasarjana akan diberikan penghargaan sesuai dengan nilai-nilai berikut ini:

1. Summa cum laude: 3.80 dan 3.80 ke atas

2. Magna cum laude: 3.60 – 3.79

3. Cum laude: 3.40 – 3.59

4. High merit: 3.20 – 3.39

5. Merit: 3.00 – 3.19

Itulah arti cum laude yang bisa Anda ketahui. Mendapatkan gelar kehormatan dari tempat Anda menimba ilmu tentunya sangat membanggakan. Selain itu, predikat cum laude juga bisa menjadi langkah awal untuk mendapatkan masa depan yang cerah dan sukses dalam karier. (NR)

Comment di sini