CiriCara: Cara Menghadapi Rasa Malu yang Berlebihan

by
February 13th, 2013 at 2:24 pm

maluCiriCara.com –  Setiap orang pasti pernah merasa malu. Malu karena merasa berbuat salah, karena tidak bisa menyelesaikan tugasnya, karena dikelilingi orang banyak, dan lain-lain.

Rasa malu itu sebenarnya adalah bentuk perlindungan diri dari berbagai macam hal yang tidak kita inginkan. Namun, ada orang yang sering memiliki rasa malu yang berlebihan sehingga susah untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Rasa malu yang berlebihan berdampak negatif pada diri Anda sendiri, karena malah membuat Anda kehilangan banyak kesempatan yang hadir di lingkungan sekitar Anda.

Sifat pemalu sendiri bukan karena sifat yang sudah didapat ketika masih berada di dalam rahim, apalagi karena faktor keturunan.  Orang yang pemalu biasanya dibentuk oleh lingkungan. Untuk mengatasi rasa malu, perlu dilakukan beberapa latihan agar dapat menjadi lebih terbuka dengan orang lain.

Albert Ellis yang merupakan seorang psikolog menjelaskan bahwa ada beberapa cara yang dapat dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi rasa malu yang berlebihan tersebut. Caranya dapat dilakukan dengan mendorong diri sendiri untuk melakukan segala sesuatu yang awalnya tak nyaman menjadi lebih nyaman. Apa saja latihannya?

Menasihati diri sendiri

DCF 1.0

Salah satu cara untuk mengatasi rasa malu yaitu berkhayal memiliki penasihat pribadi yang lebih kuat dari diri Anda. Memang apa fungsi dari penasehat khayalan tersebut? Penasihat khayalan tersebut berguna untuk mendorong serta memotivasi diri Anda ketika rasa malu yang terdapat dalam diri Anda muncul. Anda bisa meminta “penasihat pribadi” itu untuk menceramahi Anda agar tidak merasa malu berlebihan di dalam situasi tertentu.

Berbicara dengan orang lain

talk with people


Anda juga dapat mencoba mengajak orang lain untuk mengobrol di tempat-tempat umum seperti halte, rumah makan, toko buku, dan yang lainnya. Coba dekati beberapa orang dan memulai mengajak mereka berbicara tentang hal yang umum seperti soal cuaca, makanan, lingkungan sekitar ataupun yang lainnya.

Usahakan Anda tidak terlalu kaku, dingin ataupun melakukan hal-hal yang aneh sebab itu akan membuat lawan bicara Anda merasa tidak nyaman dengan Anda. Mulailah mengamati bahasa tubuh, kontak mata, postur, ataupun gerakan tangan selama berbincang-bincang.

Latihan di depan cermin

bicara dengan cermin

Anda tidak perlu khawatir bila Anda masih tidak mampu mengajak berbicara dengan orang lain secara langsung. Anda memang perlu latihan. Untuk tahap awal, Anda dapat mulai berlatih diri di depan cermin seperti berbicara, melatih bahasa tubuh dan mimik wajah. Cara ini memang cukup baik untuk dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda sehingga Anda tidak perlu malu ketika berhadapan dengan orang lain.

Ingat, merasa malu itu wajar, namun jangan sampai perasaan itu menghambat Anda untuk mendapatkan hal-hal baru yang bisa jadi bermanfaat untuk Anda dan orang-orang di sekitar Anda. Selamat mencoba!

(CT)

Comment di sini