CiriCara: Cara Menghindari Aplikasi Malware Pada Android

by
February 13th, 2013 at 3:06 pm

Who-can-fight-Android-malwareCiriCara.com - Sistem operasi Android memang sedang dalam masa jayanya. Hal ini tentunya menarik pengembang aplikasi dan game berlomba-lomba untuk membuat aplikasi untuk sistem operasi besutan Google ini. Sistem operasi Android  ini menganut sistem open source, di mana siapa saja yang mau dan mampu membuat aplikasi bisa ikut berkontribusi.

Hal ini tentu saja memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri. Salah satu keuntungannya adalah karena proses mudah, minat membuat aplikasi dan game Android meningkat hingga pertumbuhan aplikasi Android sangat cepat. Namun sayangnya, saringan yang lebar ini juga dimanfaatkan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dengan membuat dan memasukkan aplikasi-aplikasi merusak (malware) dalam situs kanal aplikasi Android yakni Google Play.

Banyak yang bisa dilakukan aplikasi jahat ini, mulai dari mencuri data, mengirim pesan singkat secara otomatis, hingga membuat perangkat Android Anda tidak dapat digunakan. Untuk mencegah aplikasi jahat menyerang Android Anda, ada baiknya Anda menyimak cara menghindari aplikasi malware pada Android:

1. Gunakan antivirus

Malware dan virus Android bertambah terus setiap harinya, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memasang benteng yakni dengan menginstal antivirus dalam perangkat Android Anda.

2. Cermat dalam mengenali aplikasi

Aplikasi jahat sudah tersebar luas di dalam Google Play dan bentuknya pun beragam. Dari mulai aplikasi alat-alat untuk memaksimalkan Android, aplikasi kanal sosial media, game, bahkan aplikasi belajar untuk anak. Cara terjitu memilih aplikasi yang terpercaya adalah dengan lebih dulu melihat rating, reputasi, atau ulasan aplikasi tersebut di internet atau di Google Play itu sendiri.

Pada halaman aplikasi yang hendak Anda unduh melalui Google Play, terdapat rating aplikasi dan komentar dari orang-orang yang telah mencoba aplikasi tersebut. Apabila ratingnya tinggi dan komentar dari orang-orang cenderung baik, maka bisa dipastikan aplikasi itu layak di-download dan bebas malware.

3. Periksa sebelum menginstal

Setelah Anda putuskan untuk menginstal aplikasi, sebelumnya, aplikasi tersebut akan meminta hak untuk mengakses beberapa hal dalam perangkat Android Anda seperti, lokasi Anda, kontak Anda, izin menggunakan koneksi internet, dan sebagainya. Periksa baik-baik sebelum memberikan hak akses ini.

Bila Anda kurang yakin apakah dengan memberikan hak akses tidak akan terjadi apa-apa, merujuklah kembali pada ulasan, komentar, dan rating aplikasi tersebut. Apabila setelah beberapa halaman komentar tidak ada keluhan mengenai hal ini, maka aplikasi ini aman untuk diinstal.

Sekarang setelah Anda tahu cara menghindari aplikasi malware pada Android, maka Anda sekarang bisa lebih hati-hati dalam memilih aplikasi Android, mulailah menginstal! (LH)

Comment di sini