Ibas Hanya Isi Presensi, Citra DPR Semakin Buruk

by
February 13th, 2013 at 10:10 am

Jakarta (CiriCara.com)Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas yang juga merupakan anggota Komisi I DPR RI telah tertangkap basah hanya menandatangani presensi tanpa mengikuti rapat paripurna yang digelar DPR kemarin, Selasa, 12 Februari 2013.

Terkait dengan fakta Ibas Yudhoyono yang mangkir dari undangan rapat, Badan Kehormatan Dewan Perwakilan Rakyat akan segera memanggil Ibas untuk mengklarifikasi absensi dalam sidang paripurna DPR RI tersebut.

Inilah

Inilah

Ray Rangkuti selaku Direktur Lingkar Madani Indonesia menghormati langkah BK DPR. Menurut Ray, pemanggilan itu wajib dilakukan karena tingkah laku Ibas bisa memperburuk citra DPR.

“Seakan-akan absensi itu tak serius, anggota DPR hanya sekadar tanda tangan karena tak hadir secara fisik,” kata Ray seperti dikutip oleh Tempo.co, Selasa, 12 Februari 2013.

Rencananya Ibas dan anggota DPR lainnya akan mengikuti rapat paripurna tentang pengambilan keputusan RUU Pencegahan Tindak Pidana Terorisme dan RUU Inisiatif Tentang Keperawatan menjadi RUU Inisiatif DPR.

Ibas datang ke Gedung DPR bersama sejumlah pengawal melalui lift di Gedung Nusantara II Kompleks Parlemen DPR RI. Tentu saja, jalur masuk Ibas ini berbeda dengan anggota DPR lainnya.

Biasanya, anggota Dewan yang datang ke ruang paripurna akan naik lewat eskalator lalu mengisi absensi manual dan sidik jari. Namun, Ibas tertangkap kamera hanya mengisi presensi manual yang dibawakan oleh ajudannya. Setelah mengisi absen, Ibas lalu meninggalkan ruang paripurna lewat pintu darurat.

Sampai sidang paripurna DPR RI tersebut berakhir, Ibas tidak menampakkan diri. Padahal Ibas terdaftar sebagai anggota Komisi I yang menangani masalah pertahanan, luar negeri, intelijen, dan penyiaran.

Ketidakhadiran Ibas tersebut masih kmerupakan tanda tanya. Ray berharap agar BK DPR bisa mencari keterangan soal alasan Ibas yang hanya datang untuk mengisi presensi tanpa mengikuti jalannya rapat.

“Soal siapa Ibas, itu tak penting karena anggota DPR satu dengan yang lainnya sama, wakil rakyat. Jangan sampai ada pemakluman untuk ulah seperti itu. Apalagi Ibas belum disidang,” lanjut Ray lagi.

Dalam rapat paripurna yang digelar kemarin, selain Ibas yang hanya menandatangani presensi lalu pergi, ada sekitar 233 dari 560 orang anggota Dewan yang tidak datang ke gedung parlemen tersebut. (RN)

Comment di sini