Peraturan Pemerintah Dukung Sepeda Motor Masuk Tol

by
February 13th, 2013 at 9:20 am

Jakarta (CiriCara.com) – Selama ini hanya mobil, truk, dan kendaraan roda empat lainnya yang boleh melintasi jalan tol. Namun sebentar lagi, kendaraaan roda dua juga boleh melintasi jalan tol.

Diberitakan oleh Tempo.co, menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol, Achmad Gani Ghazali, menurut Peraturan Pemeritah Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol, sepeda motor memang diperbolehkan masuk ke dalam jalan tol.

VIVAnews

VIVAnews

Namun Peraturan Pemerintah ini baru berlaku jika para pemegang konsensi jalan tol menyediakan jalur khusus untuk sepeda motor.

Jalur khusus ini harusnya terpisah secara fisik dibanding jalur tol untuk mobil dan sudah dilengkapi dengan garis pembatas. Menurut Gani, ketentuan dalam Peraturan Pemerintah ini harus dipenuhi untuk melindungi keselamatan pengendara sepeda motor.

Ia juga berujar bahwa penyediaan jalur khusus tersebut ditujukan untuk menghindarkan pengendara motor dari kecelakaan. Sebab, bila nantinya jalur motor dan mobil dijadikan satu, maka akan terjadi salip menyalip antara pengendara motor dan pengendara mobil.

Namun menurut Gani, perlu ada kajian lebih dalam tentang jalur khusus motor di jalan tol. Kajian khusus ini juga meliputi efek finansial bagi pemegang konsensi jalan tol yang sebelumnya memang tidak merencanakan jalur sepeda motor. Pembangunan jalur khusus bagi motor akan mempengaruhi investasi terhadap tol tersebut.

Sebelumnya, isu penyediaan jalur khusus untuk sepeda motor di jalan tol pertama kali dikeluarkan oleh Dahlan Iskan selaku Menteri Badan Usaha Milik Negara. Menurutnya, ada kemungkinan jalan tol yang dioperasikan oleh PT Jasa Marga digunakan untuk sepeda motor.

Jalur khusus untuk sepeda motor di jalan tol memang sudah pernah dibuat sebelumnya, yaitu di Jembatan Surabaya-Madura atau Jembatan Suramadu. Di sana, para pengendara motor bebas melaju di jalan tol dalam jalur khusus yang terpisah dari jalur mobil.

Kementerian Pekerjaan Umum juga pernah membangun jalan tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Tanjung Benoa di Bali dengan jalur khusus pengendara sepeda motor. Tol di Pulau Bali tersebut dibangun sepanjang 8,10 kilometer dengan lebar jalan untuk mobil 2×3,5 meter dan lebar jalan untuk sepeda motor 2×3 meter serta lebar bahu jalan 2×2,5 meter.

“Jadi sebenarnya jalur khusus sepeda motor di jalan tol sudah ada sejak lama,” kata Juru Bicara Kementerian Pekerjaan Umum, Danish H Sumadilaga seperti dikutip oleh sumber yang sama. (RN)

Comment di sini