10 Aplikasi Android Terbaik Tahun 2013

by
February 14th, 2013 at 8:54 am

urhslCiriCara.com – Setelah berakhirnya ajang CES 2013 di awal tahun ini, banyak ponsel pintar dan tablet yang tadinya masih purwa-rupa kini telah menjadi nyata. Kebanyakan dari antaranya adalah perangkat berbasis Android terbaru Jelly Bean.

Demi memenuhi tuntutan penggunanya, pengembang aplikasi Android tiada henti menyodorkan koleksi aplikasi terbaiknya. Penasaran, aplikasi Android baru apa yang terbaik di tahun ini? Berikut ini adalah 10 aplikasi Android terbaik tahun 2013:

1. Chrome Web Browser

chrome-browser-android-300x123

Browser besutan Google ini telah hadir dalam versi mobile. Seiring dengan terus diperbaharuinya aplikasi browser ini, kini Chrome Web Browser menjadi salah satu aplikasi penjelajah internet terbaik. Bukan hanya cepat dan dapat diandalkan, tapi browser ini juga sangat mudah untuk digunakan dengan tampilan antarmuka yang mudah dimengerti. Aplikasi ini sangat cocok sebagai alternatif browser bawaan Android.

2. Facebook for Android

facebook-android-app-168x300

Kini Facebook untuk perangkat Android hadir dengan versi terbaru, membungkus kelengkapan versi web dengan kemudahan akses sebuah aplikasi. Sekarang hampir semua pengaturan yang ada saat kita akses Facebook lewat browser seperti pengaturan kontak, Privacy Settings, dan Account Settings telah ditambahkan ke aplikasi gratis ini.

3. WhatsApp Messenger

whatsapp-android-app-top-10-168x300

Chatting dengan kawan atau kerabat sungguh sangat menyenangkan menggunakan aplikasi ini. Versi terbaru aplikasi ini menyuguhkan lebih banyak emoticon dan ikon smiley di mana akan menambah seru kegiatan chatting Anda. Dengan menggunakan layanan data internet Anda tidak perlu khawatir mengenai tarif fasilitas chatting ini.

4. CamScanner

top-10-camscanner-app-168x300

Bila Anda bingung dalam mengubah dokumen fisik Anda menjadi data digital dan Anda tidak memiliki perangkat scanner, Anda bisa melakukan scan menggunakan apilkasi Android CamScanner. Aplikasi Android ini dapat mengubah perangkat Android Anda menjadi alat scanner dadakan yang berfungsi untuk melakukan scan dokumen menggunakan kamera yang terdapat pada perangkat Android. Hasil scan juga dapat dirubah ke dalam bentuk PDF.

5. App Lock

app-lock-free-application-168x300

Aplikasi App Lock ini berguna untuk mengunci file penting dalam Android Anda sehingga tidak dapat diakses orang lain. Alat pengunciannya pun dapat dipilih, bisa dengan memasukkan password atau dengan menggambar pola tertentu. Aplikasi sejenis pun banyak beredar namun aplikasi App Lock ini yang paling praktis dan mudah dipahami.

6. AVG AntiVirus

avg-antivirus-free-adroid-app-168x300

Dengan kian maraknya virus dan aplikasi jahat pada Android, kita harus lebih waspada menjaga perangkat Android kita agar tidak terjangkit, dengan menggunakan antivirus. Kegiatan ber-internet ria dan unduh aplikasi akan lebih aman jika kita menggunakan antivirus. AVG AntiVirus hadir dengan banyak fitur pertahanan seperti kebal virus, malware, spyware, dan pelindung anti maling. Aplikasi ini cukup ringan jadi jangan khawatir jika perangkat Anda hanya memiliki RAM kecil. Antivirus ini memeriksa seluruh data pada Android saat aplikasi baru terinstal atau terjadi update.

7. AirDroid

airdroid-free-android-app-168x300

Kadang kita repot jika sedang bekerja di depan komputer dan harus menanggapi terus pesan singkat lewat ponsel. Dengan aplikasi AirDroid Anda bisa mengendalikan perangkat Android Anda secara langsung dari komputer. Kegiatan seperti berkirim pesan singkat, memutar lagu, dsb, kini bisa Anda lakukan melalui komputer.

8. Viber

viber-free-calls-android-168x300

Aplikasi ini berguna untuk melakukan panggilan, chatting, dan kirim foto ke seluruh dunia secara gratis, namun tentunya menggunakan akses internet. Sinkronasi kontak dari perangkat Android otomatis terjadi saat kita login ke aplikasi ini. Aplikasi ini dilengkapi dengan emoticon dan gambar-gambar lucu yang dapat digunakan saat chatting dengan kontak Viber yang lain.

9. MX Player

mx-player-amdroid-app-300x133

MX Player adalah salah satu aplikasi pemutar video yang paling sederhana dan mudah digunakan. Pengaturan dapat dilakukan langsung di layar, dengan melakukan swipe di bagian kanan, bagian kiri, atau bagian bawah layar Anda bisa mengatur volume suara, brightness, dsb. Hampir semua format video pun bisa dilahap MX Player dengan lancar.

10. App Cache Cleaner

free-app-cache-cleaner-168x300

Cache adalah bentuk file sementara yang dibuat saat aplikasi dijalankan. Bila Anda melakukan aktifitas dengan sebuah aplikasi maka aplikasi tersebut akan membuat file sementara atau temp file. Jika terlalu banyak maka file-file ini tentunya akan memperlambat kerja perangkat Android Anda. Namun, dengan satu sentuhan saja menggunakan App Cache Cleaner, maka file-file cache ini akan dihapus dan Android Anda akan bekerja lebih cepat.

Inilah 10 aplikasi Android terbaik tahun 2013, apa Anda sudah menggunakan aplikasi-aplikasi ini? Jika belum, Anda bisa mengunduhnya langsung di Google Play Store. Selamat mencoba. (LH)

Comment di sini