4 Kelemahan Smartphone BlackBerry

by
February 14th, 2013 at 4:30 pm

how-to-sign-convert-and-install-android-files-for-your-blackberry-playbook-using-windows-or-mac_2CiriCara.com – Mengapa di kalangan pencinta gadget, smartphone BlackBerry kadang dianak-tirikan? Kadang ponsel pintar ini juga dihujat hingga merembet mencela pemakainya. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan, untuk tahu lebih jauh mari kita simak 4 kelemahan BlackBerry:

1. Jaringan lemah

Sejak zaman dahulu permasalahan sinyal dan jaringan pada ponsel sudah terjadi, namun kini di era BlackBerry permasalahan sinyal dan jaringan ini kian menjadi. Keluhan terus berdatangan dari pengguna BlackBerry mulai dari tidak bisa menikmati fasilitas BlackBerry Internet Service (BIS), sinyal lemah, baterai panas dan boros karena mencari sinyal, hingga hilangnya sinyal sama sekali.

2. Hanya BBM

Fasilitas andalan BlackBerry adalah BlackBerry Messenger, banyak yang menggunakan BlackBerry hanya menikmati fitur ini. Hal ini menjadi kelemahan tersendiri dan sering menjadi bahan olok-olok, karena tanpa fasilitas ini BlackBerry hanya seperti ponsel pintar biasa.

3. Hardware loyo

Pada ponsel BlackBerry kelas menengah ke bawah, hardware yang ditanamkan tidak sesuai dengan harga yang dibayar dan standar ponsel pintar hingga sering lambat dan hang. Sedangkan pada ponsel BlackBerry kelas menengah ke atas, hardware tidak sesuai dengan aplikasi yang tersedia hingga kemampuan hardware yang tinggi bisa dibilang sia-sia.

4. Software terbatas

Dibanding dengan rival-rivalnya seperti iOS atau Android, BlackBerry tertinggal jauh dari segi software. Ketersediaan aplikasi yang terbatas dan kualitas aplikasi yang kurang mumpuni menjadi salah satu kelemahan fatal. Jadi terkesan bahwa pemakainya hanya menggunakan BlackBerry untuk BBM saja walaupun yang digunakan adalah ponsel BlackBerry seri atas.

Sepertinya, apa yang bisa dilakukan BlackBerry, bisa dilakukan iPhone dan Android jauh lebih baik. Kesan kelemahan BlackBerry semakin menguat dengan semakin merosotnya minat orang kepada BlackBerry kecuali di Tanah Air dan beberapa negara seperti India dan Afrika Selatan. Namun kita tidak bisa menyangkal bahwa fenomena BlackBerry ini terjadi juga ada karena banyak alasan, di mana BlackBerry juga memiliki banyak keunggulan dibanding ponsel lain. (LH)

Comment di sini