CiriCara: Cara Bernegosiasi Saat Wawancara Kerja

by
February 14th, 2013 at 11:19 am

negosiasi gaji saat wawancaraCiriCara.com – Negosiasi mengenai gaji merupakan hak Anda saat sebelum menjadi karyawan tetap, freelancer, ataupun part timer. Bernegosiasi bukan hanya meningkatkan digit saldo rekening saat gajian tiba, tapi bisa menjadi nilai lebih di mata perusahaan.

Negosiasi gaji pada saat wawancara kerja memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Seringkali beberapa pelamar melakukan kesalahan sehingga membuat pewawancara kurang menghargai mereka. Agar tidak salah jawab saat ditanya mengenai gaji, Cherry Zulviyanti Riadi Lukma, Chief Consultant Assessment dari Experd Consultant memberikan tipsnya untuk Anda.

Dilansir Wolipop.Detik.com, berikut cara bernegosiasi saat wawancara kerja:

1. Melakukan survei

Gaji merupakan pertanyaan penting yang bisa menjadi penentu lolos atau tidaknya Anda melalui tes wawancara. Untuk itu, Anda disarankan agar mencari tahu terlebih dahulu  mengenai gaji di perusahaan tersebut sebelum melakukan wawancara. Dapatkan semua informasi untuk orang yang memiliki kualifikasi seperti Anda, jenis perusahaan yang sama, kota yang sama, dan posisi yang sama. Adanya data tersebut tentunya akan memudahkan Anda menjawab pertanyaan si pewawancara.

negosiasi

2. Memberikan penjelasan dan alasan yang kuat

Jika Anda ingin mendapatkan gaji yang layak, maka perjuangkanlah keinginan tersebut. Anda harus bisa memberikan penjelasan yang meyakinkan HRD akan kemampuan dan kualifikasi yang dimiliki. Tunjukkan semangat dan minat kerja Anda untuk bergabung di perusahaan tersebut. Selain itu, berikan alasan mengapa Anda layak mendapatkan gaji besar.

3. Hindari kalimat “Terserah”

Menyebutkan gaji terlalu tinggi bisa membuat pewawancara jadi kurang suka. Namun, terlalu rendah juga bisa mempengaruhi persepsi pewawancara kalau Anda merupakan orang yang kurang percaya diri. Selain itu, hindari juga kalimat “Terserah” saat bernegosiasi gaji karena Anda jadi terlihat kurang percaya diri.

4. Membuat kesepakatan

Mungkin Anda sangat menggebu-gebu untuk mendapatkan gaji yang besar dan merasa yakin pada kemampuan yang dimiliki. Namun, sebaiknya kontrol emosi itu. Cobalah buat kesepakatan. Kesepakatan itu berisi jika dalam masa probation Anda melakukan pekerjaan dengan baik dan menguntungkan, maka berhak untuk mendapatkan gaji yang diinginkan.

Itulah cara  bernegosiasi saat wawancara kerja. Jika ingin bernegosiasi, maka pertimbangkan pula kemampuan dan pengetahuan yang Anda miliki. Timbulkan kesan pada pewawancara bahwa Anda merupakan orang yang pantas menduduki posisi itu sehingga perusahaan beruntung jika Anda dipekerjakan. (NR)

Comment di sini