CiriCara: Cara Sehat Berada di Depan Gadget

by
February 14th, 2013 at 2:47 pm

depan layar monitorCiriCara.com – Seiring kemajuan teknologi, membuat sebagian besar warga di kota-kota besar harus menggunakan perangkat elektronik atau gadget saat bekerja. Berada di depan perangkat elektronik, seperti komputer, laptop, tablet, ataupun smartphone terlalu lama bisa membahayakan kesehatan mata. Mata Anda bisa mengalami penurunan daya penglihatan, bahkan kebutaan.

Seseorang yang terlalu fokus pada layar dalam periode yang lama, matanya bisa mengalami kelelahan, penglihatan yang kabur, dan kehilangan kemampuan untuk berfokus. Untuk itu, Anda disarankan agar tidak terlalu dekat dengan layar perangkat elektronik atau gadget. Jarak yang disarankan sekitar 50-100 cm dari mata.

Bukan hanya itu saja, masih ada cara lain agar mata Anda tetap sehat saat berada di depan layar monitor perangkat elektronik atau gadget. Berikut cara sehat saat berada di depan layar gadget:

1. Mengatur pencahayaannya

Untuk melindungi mata, hindari pencahayaan terlalu terang. Anda bisa mengatur pencahayaan layar gadget sesuai dengan tingkat kenyamanan.

2. Mengistirahatkan mata

menjaga kesehatan mata

Setiap 20 menit sekali, sebaiknya Anda mengistirahatkan mata. Lihatlah ke arah jendela atau tanaman hijau agar mata bisa beristirahat sebentar. Cara ini perlu Anda lakukan untuk membantu Anda menyesuaikan kembali jarak pandang.

3. Melembapkan mata

Selain mengistirahatkan mata dengan menatap ke luar jendela, Anda juga disarankan untuk lebih sering melembapkan mata. Tutuplah mata Anda sebentar dan salurkan air mata ke seluruh permukaan kornea.

4. Menggunakan filter

Cara lain untuk menjaga kesehatan mata adalah menggunakan filter. Menggunakan filter layar komputer atau menggunakan kacamata anti radiasi bisa mengurangi efek nyeri di mata akibat radiasi cahaya berlebih.

5. Maksimal 8 jam sehari

Untuk menjaga kesehatan mata, Anda disarankan untuk tidak berada di depan layar gadget atau perangkat elektronik lainnya lebih dari 8 jam sehari. Jika lebih dari 8 jam, maka bisa membuat mata Anda cepat lelah dan mengalami penurunan daya penglihatan.

6. Mengonsumsi vitamin A

Sebagian besar orang tahu bahwa sayur dan buah-buahan yang mengandung vitamin A itu baik untuk kesehatan mata. Namun, tak semua orang mau mengonsumsinya. Agar mata tetap sehat, sebaiknya Anda perlu mengonsumsi beberapa sayur dan buah-buahan yang mengandung vitamin A. Selain itu, omega-3 juga bagus memberikan nutrisi untuk mata.

Itulah cara sehat berada di depan layar gadget. Demi kesehatan mata Anda, terapkanlah cara di atas. Kesehatan mata sangat penting dijaga karena tanpa mata Anda tak bisa melihat indahnya dunia. (NR)

Comment di sini