CiriCara: Cara Transfer File Antar-Blackberry Via NFC

by
February 14th, 2013 at 3:26 pm

BB-TagCiriCara.comBlackBerry OS 7.1 sudah dilengkapi dengan koneksi NFC atau Near Field Communication yang memampukan BlackBerry kita untuk melakukan transaksi pembayaran, pertukaran data antara sesama pengguna ponsel atau perangkat lain yang mendukung koneksi NFC.

Koneksi nirkabel ini dapat kita manfaatkan untuk berkirim file antar sesama pengguna BlackBerry yang mendukung NFC. Untuk saat ini, fitur NFC baru bisa dinikmati oleh pengguna Blackberry Bold 9900 Dakota, Bold 9930,  dan Blackberry Curve 9350/9360/9370. Bagi Anda pengguna tipe-tipe ini, berikut ada cara transfer file antar Blackberry via NFC:

Menggunakan fitur BlackBerry Tag untuk mengirim file via NFC

1. Pertama, dari layar awal, masuklah ke menu Manage Connection dan centang Near Field Communication untuk mengaktifkan koneksi NFC. Jangan lupa aktifkan juga koneksi ini di BlackBerry yang menjadi penerima file.

menggunakan_nfc_blackberry

2. Setelah koneksi NFC aktif, pilih file yang ingin Anda kirim lalu tekan menu BlackBerry dan pilih “Send” lalu pilih “Tag

nfc_blackberry

3. Selanjutnya dekatkan punggung kedua perangkat BlackBerry, secara otomatis di layar pihak penerima akan mucul pemberitahuan konfirmasi apakah ingin menerima file yang dikirimkan atau tidak. Untuk menerima file kiriman ini pilih “Receive”.

blackberry-nfc

NFC juga bisa berfungsi untuk membaca QR code, caranya adalah dengan mendekatkan atau lebih pastinya menempelkan punggung BlackBerry Anda ke kode tersebut dan barcode itu akan terbaca. QR code ini bisa berfungsi sebagai media pemberian label dengan menyimpan informasi pada kombinasi gambar.

barcode_tipsblackberry

Sekarang Anda sudah bisa berbagi file secara cepat antara sesama pengguna  dan membaca QR code menggunakan NFC. Semoga berguna dan selamat mencoba. (LH)