CiriCara: Ciri-ciri Liver Anda Bermasalah

by
February 14th, 2013 at 5:10 pm

liver bermasalahCiriCara.com – Liver merupakan organ penting yang membantu Anda dalam detoksifikasi, mengatur metabolisme tubuh, dan membentuk antibodi untuk sistem pertahanan tubuh. Selain itu, fungsi liver juga sebagai tempat pembentukan plasma darah dan zat pembeku darah, sebagai tempat penyimpanan zat-zat mineral, seperti besi, kalium, dan tembaga, tempat penyimpanan cadangan air, pembakaran gula, dan pembentukan kolesterol.

Organ liver memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan organ lainnya karena merupakan organ tubuh yang bisa memperbaharui dirinya sendiri. Untuk itu, sangat penting menjaga kesehatan hati dengan mengonsumsi makanan yang benar agar tidak terkena penyakit liver. Penyakit liver merupakan penyakit hati yang berasal dari infeksi parasit dan virus.

Lalu, apakah liver Anda bermasalah? Untuk mengetahuinya, Anda bisa menyimak ciri-ciri gangguan pada liver yang dicuplik dari Wolipop.Detik.com berikut ini:

1. Mulut berbau

Jika seseorang sakit liver, maka hatinya tidak berfungsi dengan baik. Hal tersebut bisa membuat mulut jadi beraroma tidak sedap. Penyebabnya karena produksi asam amonia berlebih dalam tubuh.

2. Mata nampak lelah

Selain membuat mulut berbau, gangguan fungsi hati juga bisa mengakibatkan kulit rusak dan mata nampak lelah. Orang-orang yang memiliki masalah pada liver biasanya bisa dilihat dari kantung matanya. Kantung mata nampak hitam seperti kurang tidur.

Woman with Stomach Cramps

3. Gangguan pencernaan

Hati yang tertutup lemak tentunya tidak akan mampu mencerna air. Jika Anda sering memiliki gangguan pencernaan ringan, seperti susah buang air, sakit perut atau tidak nafsu makan, maka berhati-hatilah. Mungkin saja ada kerusakan pada liver Anda.

4. Kulit berubah warna

Ciri yang keempat yaitu adanya perubahan pada warna kulit. Jika ada kerusakan pada hati, maka kulit akan kehilangan pigmentasi dan muncul bercak putih yang disebut bintik liver.

5. Warna urine

Jika ingin mengetahui apakah liver Anda bermasalah atau tidak, maka lihatlah warna urine dan kotoran Anda. Seseorang yang memiliki gangguan pada livernya akan memiliki warna urine yang agak gelap. Hal tersebut bisa dinamakan dehidrasi. Namun, dehidrasi ini berlangsung lama karena hati tidak lagi berfungsi dengan baik.

6. Terasa pahit di mulut

Jika sering merasakan pahit di mulut, maka kemungkinan Anda merasakan enzim empedu karena liver bermasalah. Ketahuilah bahwa hati menghasilkan enzim empedu yang terasa pahit.

7. Perut membesar

Terkadang, ukuran hati akan besar jika terdapat kerusakan atau infeksi. Jika kondisi tersebut tidak segera diatasi, maka perut, khususnya di daerah pusar juga akan ikut membesar.

Itulah ciri-ciri liver Anda bermasalah. Ketahuilah bahwa penyakit liver bisa saja menghampiri Anda jika terlalu banyak mengonsumsi makanan siap saji, gula, lemak, minuman beralkohol, dan lain sebagainya. Untuk mencegah penyakit liver, Anda disarankan agar memiliki pola hidup yang sehat dan perbanyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan. (NR)

Comment di sini