CiriCara: Ciri-ciri Menstruasi Tidak Normal

by
February 14th, 2013 at 10:17 am

menstruasi tak waajarCiriCara.com – Menstruasi merupakan satu siklus yang terjadi pada wanita setiap bulannya. Siklus ini terjadi saat wanita memasuki usia pubertas dan sebelum wanita mengalami menopause. Saat sedang menstruasi, sangat wajar jika seorang wanita merasa tidak nyaman.

Ketidaknyamanan tersebut seperti kembung atau kram yang terasa di perut. Jika Anda merasakan hal itu saat sedang menstruasi, maka bisa dikatakan hal yang wajar. Namun, ada beberapa wanita yang mengalami periode menstruasi yang lebih berat dari yang lain. Wajarkah hal tersebut?

Periode menstruasi dikatakan tidak normal jika sangat menganggu aktivitas Anda sehari-hari. Kram yang dirasa sangat parah, tubuh terasa sangat lemah, dan terjadi pendarahan yang berlebihan. Untuk mengetahui lebih jelasnya, Anda bisa menyimak ciri-ciri menstruasi tidak normal berikut ini yang dicuplik dari Savy.com:

1. Darah menstruasi sangat banyak

Saat sedang menstruasi membuat Anda harus mengganti pembalut setiap satu atau dua jam berturut-turut. Darah menstruasi yang terlalu banyak itu biasanya akan berlangsung lama. Jika menstruasi normal, maka tak sampai terjadi dalam waktu yang cukup lama.

datang bulan

2. Menggunakan pembalut ganda

Setiap kali menstruasi, mengharuskan Anda untuk menggunakan pembalut ganda agar tidak tembus. Jika menstruasi normal, maka Anda tidak perlu menggunakan pembalut hingga dua lapis.

3. Bangun tengah malam untuk mengganti pembalut

Pernahkah Anda terbangun tengah malam untuk mengganti pembalut? Jika pernah melakukan hal tersebut, maka Anda harus memeriksakan diri ke dokter karena darah menstruasi yang keluar terlalu banyak.

4. Ada gumpalan darah beku

Terdapat gumpalan darah beku yang cukup besar dengan aliran darah menstruasi. Gumpalan darah ini akan terus ada hingga menstruasi Anda berakhir.

5. Berbaring di tempat tidur

Ciri yang kelima yaitu Anda ingin selalu berbaring di tempat tidur karena merasa sangat lelah. Dilansir sumber yang sama, sekitar 93 persen wanita yang sedang menstruasi mengatakan bahwa dirinya kurang bersemangat dalam menjalani aktivitasnya. Sementara sekitar 65 persen mengatakan bahwa dirinya merasa kurang percaya diri dan hanya ingin tinggal di tempat tidur selama menstruasi.

Itulah ciri-ciri menstruasi tidak normal. Periode berat menstruasi yang dirasakan wanita bisa membuat kehilangan produktivitasnya baik di tempat kerja maupun di rumah karena sakit perut yang berlebihan dan kondisi tubuh yang lemah. Jika Anda merasa ada tanda-tanda tersebut saat menstruasi, maka segera temui dokter untuk berkonsultasi dan mendapatkan hasil yang lebih jelas. (NR)

Comment di sini