CiriCara: Cara Mencegah Laptop Overheat

by
February 15th, 2013 at 10:21 am

05_Flatbed_WEB - MAYCiriCara.com – Cara pakai laptop akan berpengaruh pada usia pemakaian laptop. Pemakaian laptop dengan cara tidak tepat dapat menyebabkan komponen-komponen laptop rusak. Hal yang sering terjadi namun jarang disadari adalah laptop terlampau panas atau overheat.

Suhu laptop overheat jika digunakan akan mempengaruhi kinerja dan keawetan komponen di dalamnya. Saat suhu laptop memanas hingga suhu tertentu komponen seperti hard disk akan berhenti berfungsi. Bagaimana cara mencegah laptop dari overheat? Berikut ini cara mencegah laptop overheat:

1. Saat digunakan di meja, letakkan buku atau benda kecil di bawah baterai hingga bagian belakang laptop agak terangkat. Tindakan ini berguna untuk membiarkan lebih banyak udara bersirkulasi di bawah laptop. Namun hati-hati penempatan benda ini jangan sampai menutupi lubang kipas di bagian bawah laptop.

2. Bila Anda ingin sirkulasi udara yang lebih banyak di bawah laptop, Anda bisa mengganjal bagian bawah laptop hingga tidak ada bagian yang menyentuh meja.

3. Jangan gunakan laptop pada sofa, karpet, atau bantal karena ventilasi udara di bagian bawah laptop, yakni tempat buangan hawa panas melalui kipas akan tertutup. Gunakan laptop di tempat yang rata akan membuat laptop bisa bernafas lega.

4. Anda bisa membeli dan menggunakan alas pendingin laptop atau perangkat kipas pendingin laptop (laptop cooler) untuk pendinginan lebih maksimal.

5. Jika bisa, gunakanlah laptop di area sejuk atau area yang menggunakan Air Conditioner (AC). Hal ini akan mencegah risiko laptop menjadi kepanasan dan rusak.

6. Bersihkan secara berkala laptop dari debu-debu yang masuk ke dalam celah sirkulasi udara.

Kadang permasalahan yang terjadi pada laptop, tidak melulu ada karena kecacatan pada produk, tapi juga karna faktor cara pemakaian yang salah. Hindari cara pemakaian yang salah agar perangkat laptop kita lebih awet. (LH)

Comment di sini