CiriCara: Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak

by
February 15th, 2013 at 2:33 pm

bermain puzzleCiriCara.com – Sebagian besar orangtua tentunya menginginkan anaknya menjadi pintar. Untuk mewujudkan hal tersebut, mereka akan memerintah anaknya untuk belajar dengan rajin. Saat si anak sedang bosan belajar dan ingin bermain, orangtua malah menyuruh si anak terus belajar.

Akibatnya, apa yang dipelajari si anak malah tidak masuk ke otaknya. Ketahuilah bahwa seorang anak yang belajar dalam kondisi tertekan hanya membuatnya menjadi stres. Dengan begitu, daya ingat si anak atau kemampuan kognitifnya pun tidak meningkat.

Agar si anak bisa menjadi anak yang cerdas dan pintar, seharusnya jangan diperintah untuk belajar terus-menerus. Ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan otak si anak. Apa saja? Berikut cara meningkatkan kecerdasan si anak yang dicuplik dari Boldsky.com:

1. Ajari bahasa baru

Mengajari bahasa baru pada anak bisa membuatnya jadi beradaptasi pada hal-hal baru di sekitarnya dan memberikan latihan pada otak mereka. Cara ini juga efektif untuk menambah pengetahuan umum mereka tentang dunia. Untuk itu, tak ada salahnya Anda mengajari anak bahasa baru, selain bahasa Indonesia atau mendaftarkan si anak untuk mengikuti kursus bahasa asing.

mengajari anak bermain bola

2. Bermain puzzle

Jenis permainan ini akan melihatkan kemampuan otak si anak. Anda bisa memilih beberapa permainan teka-teki untuk merangsang otak si anak. Dengan begitu, si anak akan bisa belajar sambil bermain dan tidak membuatnya merasa tertekan.

3. Permainan yang melibatkan otak

Untuk memperkuat fungsi otak anak, permainan otak sangat penting untuk dilakukan. Permainan pikiran dianggap sebagai “Vitamin memori” karena bisa membantu meningkatkan memori dan meningkatkan kecepatan menghafal si anak. Selain itu, permainan ini juga membantu anak agar mudah mengingat tugas-tugas atau peristiwa penting dan membuatnya jadi lebih percaya diri.

4. Permainan kompetisi

Selain puzzle dan berbagai jenis permainan otak, Anda juga bisa mengajari si anak bermain permainan kompetisi, seperti bola basket atau sepak bola. Permainan tersebut bisa menantang anak untuk mengkoordinasikan otak dan anggota tubuh lain secara bersamaan. Selain itu, mengajarinya bermain alat musik juga bisa membantu meningkatkan kemampuan berpikir si anak.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan daya pikir atau mencerdaskan si anak. Ketahuilah bahwa seorang anak yang baru lahir tidak ada yang bodoh. Untuk itu, sebagai orangtua Anda harus mendidiknya dengan cara yang benar agar membuatnya menjadi anak yang cerdas. (NR)