CiriCara: Ciri-ciri Orang yang Malas Mencari Pekerjaan

by
February 15th, 2013 at 3:23 pm

bermalas-malasanCiriCara.com – Apakah saat ini Anda sedang mencari pekerjaan? Jika iya, maka tetap berusahalah dengan sungguh-sungguh agar mendapatkan pekerjaan yang cocok dan lingkungan kantor yang menyenangkan. Untuk mendapatkan pekerjaan yang tepat memang dibutuhkan usaha yang besar juga.

Tapi, apakah usaha Anda sudah besar untuk bisa mendapatkan pekerjaan itu? Jika belum, maka Anda tergolong orang yang malas mencari pekerjaan. Sudah mengirimkan surat lamaran dan CV ke beberapa tempat, tapi tak kunjung dipanggil-panggil. Hal tersebut bisa saja terjadi karena kesalahan diri Anda sendiri yang malas-malasan mencari pekerjaan.

Lalu, apakah Anda tergolong orang yang malas mencari pekerjaan? Untuk mengetahuinya, simak ciri-ciri orang yang malas mencari pekerjaan berikut ini yang dicuplik dari Usnews.com:

1. Hanya mencari di internet

Ciri pertama orang yang malas mencari kerja adalah hanya mencari lowongan pekerjaan di internet saja. Padahal, banyak lowongan pekerjaan yang bisa mereka temukan, seperti di majalah, koran, atau orang lain. Dengan sering melihat-lihat media lain atau bertanya-tanya pada orang lain, tentunya akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan.

malas mencari kerja

2. Tidak mengubah surat lamaran

Bagi yang masih menganggur, seberapa sering Anda mengubah atau melihat-lihat surat lamaran yang dimiliki? Jika Anda sangat malas megubah format lamaran, maka tergolong orang yang malas mencari pekerjaan.

3. Tak melakukan persiapan

Seseorang yang berniat untuk bekerja, mereka akan melakukan persiapan darin jauh-jauh hari. Tapi, lain halnya dengan orang yang malas mencari pekerjaan dan atau tak berniat untuk bekerja, mereka baru akan sibuk dan mempersiapkan segala keperluan wawancara sehari sebelum diadakan tes psikotes atau wawancara.

4. Tidak menyiapkan surat rekomendasi

Salah satu hal penting yang meningkatkan kesempatan diterima kerja adalah dengan mencantumkan surat rekomendasi dari atasan sebelumnya atau tempat Anda menimba ilmu. Bagi orang yang tidak menyiapkan surat rekomendasi bisa dikategorikan orang yang malas mencari pekerjaan.

5. Tak memperluas jaringan

Agar cepat mendapatkan pekerjaan, memperluas jaringan itu perlu dilakukan. Untuk itu, mulai saat ini biasakan diri untuk lebih banyak bersosialisasi jika tengah berusaha mencari pekerjaan. Jika tidak, maka Anda termasuk orang yang malas-malasan mencari pekerjaan.

6. Ingin bekerja di mana saja

Jika tujuan Anda adalah agar diterima kerja di mana saja, maka Anda memang tak berniat menemukan pekerjaan yang ideal. Mungkin pada awalnya akan membahagiakan diri sendiri kalau sudah diterima kerja, tapi beberapa bulan kemudian Anda akan merasa bahwa pekerjaan itu tidak cocok. Untuk apa bertahan pada pekerjaan yang tidak cocok dengan Anda?

Itulah ciri-ciri orang yang malas mencari pekerjaan. Orang yang malas-malasan mencari pekerjaan tidak memiliki usaha yang besar dalam mencari kerja. Biasanya, orang yang seperti ini juga sangat sulit untuk mendapatkan pekerjaan yang pas untuknya. (NR)

Comment di sini